Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Kosovo memperbesar peluang mereka untuk melakoni debut di putaran final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan tamunya Montenegro dengan skor 2-0 di Stadion Fadil Vokrri, Pristina, Senin setempat (Selasa dini hari WIB).

Kemenangan itu membuat Kosovo memantapkan posisinya di urutan ketiga klasemen Grup A dengan koleksi 11 poin dan secara bersamaan memastikan Montenegro (3) tak lagi punya peluang lolos, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kosovo kini hanya berjarak satu poin dari Republik Ceko (11) di posisi kedua dan empat poin dari Inggris (15) di puncak.

Baca juga: Kosovo kalahkan Ceko, sementara puncaki klasemen Grup A

Baca juga: Inggris bungkam Bulgaria dan suporternya yang rasis 6-0


Kosovo tampil sangat agresif saat menjamu Montenegro dengan melepaskan tak kurang dari 22 percobaan tembakan sepanjang laga meski hanya tujuh di antaranya yang menemui sasaran.

Dari tujuh itu tim besutan Bernard Challandes bisa membukukan dua gol yang dicetak Amir Rrahmani dan Vedat Muriqi.

Keunggulan Kosovo dibuka lewat situasi sepak pojok saat Rrahmani menanduk umpan yang dikirimkan Bersant Celina.

Lantas pada menit ke-33 sebuah serangan balik berhasil dimanfaatkan Kosovo untuk menggandakan keunggulan atas Montenegro.

Serangan balik yang dilakukan Kosovo diakhiri dengan umpan Florent Hadergjonaj yang berusaha diselesaikan oleh Muriqi. Tembakan pertama Muriqi masih bisa dimentahkan oleh kiper Danijel Petkovic, namun bola muntah dan berhasil disambar Muriqi lagi untuk menjebol gawang Montenegro.

Keunggulan itu sukses dipertahankan oleh Kosovo hingga laga usai terlebih Montenegro tak pernah bisa benar-benar menciptakan serangan berbahaya sepanjang pertandingan.

Kemenangan atas Montenegro menjadi modal besar bagi Kosovo yang akan melakoni dua pertandingan terakhirnya bulan depan.

Mereka akan bertandang ke Ceko pada 14 November sebelum tiga hari kemudian menjamu Inggris.

Baca juga: Ronaldo cetak gol ke-700 tapi Portugal kalah lawan Ukraina

Baca juga: Hasil Grup H: Turki dan Prancis kokoh di puncak


Susunan pemain:

Kosovo (4-2-3-1): Arijanet Muric; Mergim Vojvoda (Edon Zhegrova), Amir Rrahmani, Fidan Aliti, Benjamin Kololli; Herolind Shala (Anel Rashkaj), Valon Berisha; Florent Hadergjonaj, Bersant Celina (Florent Hasani), Milot Rashica; Vedat Muriqi
Pelatih: Bernard Challandes.

Montenegro (4-2-3-1): Danijel Petkovic (Milan Mijatovic); Adam Marusic, Dusan Lagator, Marko Simic, Darko Bulatovic; Aleksandar Scekic, Nikola Nukcevic; Aleksandar Boljevic, Nebojsa Kosovic (Fatos Beciraj), Vladimir Jovovic (Marko Jankovic); Stefan Mugosa
Pelatih: Faruk Hadzibegic.

Baca juga: Hasil Grup E: Kroasia di puncak tapi belum aman

Baca juga: Hasil Grup C: Belanda dan Jerman terdepan, Irlandia Utara membayangi

Baca juga: Hasil Grup G: Polandia lolos, empat tim lain berebut satu tiket lagi

Baca juga: Hasil Grup I: Belgia lolos didampingi Rusia, Skotlandia ke playoff

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019