Anthony Bourdain bantu bongkar kasus Harvey Weinstein

Anthony Bourdain bantu bongkar kasus Harvey Weinstein

Anthony Bourdain saat menerima penghargaan Emmy ke-65 untuk serial "Parts Unknown" di Los Angeles, California (15/9/2013). (REUTERS/Jonathan Alcorn)

Jakarta (ANTARA) - Mendiang chef Anthony Bourdain disebut sebagai orang yang membantu membongkar kasus Harvey Weinstein ke publik, demikian menurut buku "Catch and Kill" yang ditulis jurnalis investigatif Ronan Farrow, seperti dilansir Pagesix, Selasa.

Awalnya, Farrow akan mengangkat laporan soal pelecehan seksual yang dilakukan oleh pembesar Hollywood itu di NBC. Namun stasiun televisi tersebut menggagalkan publikasinya, sehingga Bourdain meminta majalah The New Yorker menerbitkan laporan itu.

Seperti diketahui, saat itu Anthony Bourdain sedang menjalin hubungan dengan aktris asal Italia Asia Argento. Bourdain lantas memberi tahu Farrow kalau kekasihnya itu pernah dilecehkan oleh produser kelas kakap Harvey Weinstein.

Bourdain - yang "mendukung supaya Argento bicara ke publik" - mengatakan pada editor majalah The New Yorker yakni David Remnick, bahwa perilaku Weinstein memuakkan dan bahwa "semua orang" sudah terlalu lama mengetahui tentang tuduhan itu.

"Aku bukan orang yang religius, tapi aku berdoa agar kau diberi kekuatan untuk menulis kisah ini," kata Bourdain.

NBC telah membantah karakterisasi jurnalis dari peristiwa tersebut, mengklaim bahwa laporan yang ditulis tidak memenuhi standar-standar siarannya.

Laporan tersebut akhirnya membantu menjatuhkan Weinstein, dan memenangi Hadiah Pulitzer untuk jurnalisme.

Baca juga: Harvey Weinstein gagal minta persidangan dipindah ke luar New York

Baca juga: "Untouchable", film dokumenter soal Harvey Weinstein diputar di Sundance

 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar