Labinov Beken Makassar raih inovasi pelayanan publik

Labinov Beken Makassar raih inovasi pelayanan publik

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb (kanan) menerima penghargaan dari Wakil Presiden HM Jusuf Kalla (dua kiri) disaksikan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syarifuddin (kiri) di Istana Wapres Jakarta, Selasa (15/10/2019). FOTO/HO/Humas Pemkot Makassar.

Labinov Beken juga berfungsi sebagai inkubator inovasi,
Makassar (ANTARA) - Layanan publik program Laboratorium Inovasi, Berbasis Kemitraan (Labinov Beken) yang dijalankan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Pemerintah Kota Makassar berhasil meraih posisi Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb.

Pada acara tersebut, Wapres didampingi Menteri PANRB Syafruddin. Penghargaan Top 45 KIPP tahun 2019 diberikan Wapres kepada para kepala lembaga atau kepala daerah di Indonesia.

Baca juga: Wapres JK: Pemerintahan baru harus ada pengawasan dan keseimbangan

Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 ini terdiri dari delapan kementerian dengan sembilan inovasi, empat lembaga sebanyak empat inovasi, lima provinsi dengan lima inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, sembilan kota sebanyak 9 inovasi, dan satu BUMN dengan satu inovasi.

"Banyak kemajuan yang dilakukan pemerintah daerah untuk berinovasi dalam kerangka melakukan efisiensi dan efektifitas di bidang pelayanan publik," kata Menteri PANRB, Syafruddin.

Kompetisi inovasi pelayanan publik merupakan perwujudan gerakan One Agency One Innovation yang dimotori Kementerian PANRB RI. Kompetisi yang bisa diikuti oleh seluruh instansi pemerintah ini diselenggarakan sebagai pembinaan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Tujuannya adalah pemberdayaan, pembelajaran, dan pengembangan untuk menyebarluaskan ide kreatif, gagasan, dan terobosan pelayanan publik di Indonesia guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, inovasi merupakan keniscayaan bagi pemerintah daerah dalam menjawab dinamika yang berkembang.

"Sehingga daerah sedapat mungkin membuat terobosan positif dalam menjawab perkembangan tersebut dengan membuat dan menciptakan inovasi," ujarnya.

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb merasa bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan apresiasi dan penilaian positif terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Pemkot Makassar.

Baca juga: Wapres JK serahkan penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019

"Sekaligus penghargaan ini merupakan tantangan untuk menciptakan inovasi lebih berkualitas di masa yang akan datang," ucapnya.

Kepala Balitbangda Makassar, Nielma Palamba mengatakan Labinov Beken merupakan upaya Balitbang Kota Makassar untuk membantu OPD dalam membuat, mengkaji, input data serta melakukan supervisi, monitoring dan bimbingan teknis dalam mengaplikasikan sebuah inovasi.

"Labinov Beken juga berfungsi sebagai inkubator inovasi," tambah mantan Kepala Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar itu.

Keberhasilan Makassar meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 menyempurnakan prestasi yang diraih di bidang pelayanan publik. Sebelumnya, Pemkot Makassar berhasil menembus 10 besar Innovative Government Award (IGA) tahun 2019 dari Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga: Menteri PANRB luncurkan buku tentang pengabdiannya bagi bangsa

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

MPP mudahkan warga urus administrasi di Banda Aceh

Komentar