Atletik

Kosgei dan Kipchoge calon atlet terbaik IAAF tahun ini

Kosgei dan Kipchoge calon atlet terbaik IAAF tahun ini

Pelari Kenya Eliud Kipchoge menjadi manusia pertama di dunia yang menuntaskan nomor maraton dengan catatan waktu di bawah dua jam. (AFP/ALEX HALADA)

Jakarta (ANTARA) - Brigid Kosgei, yang memecahkan rekor dunia marathon akhir pekan lalu, adalah salah satu dari 11 nomine yang diumumkan Selasa masuk daftar calon atlet putri terbaik tahun ini oleh badan atletik dunia IAAF.

Rekan senegaranya dari Kenya, Eliud Kipchoge, yang Sabtu pekan lalu menjadi manusia pertama yang menyelesaikan lari maraton di bawah dua jam, menjadi salah satu dari 11 atlet putra calon atlet terbaik yang diumumkan Senin waktu setempat oleh IAAF.

Dua pelari marathon itu merupakan dua pelari yang tidak memenangkan medali emas pada Kejuaraan Dunia Atletik di Doha baru-baru ini.

Kosgei (25) memecahkan rekor dunia maraton putri atas nama pelari Inggris Paula Radcliffe yang bertahan selama 16 tahun, Minggu pekan lalu, dengan catatan dua jam 14 menit empat detik di Chicago.

Dia adalah salah satu dari tiga pelari Kenya yang berada pada daftar nominasi olahragawati atletik terbaik tahun ini. Dua lainnya adalah pemegang rekor dunia dan juara dunia 3.000 halang rintang putri Beatrice Chepkoech, dan juara dunia dua kali 5.000m putri, Hellen Obiri.

Sedangkan Kipchoge ditemani rekan senegaranya pada bagian putra oleh sesama Kenya, Timothy Cheruyiot, yang menjadi juara dunia 10.000m putra, pada daftar nomine putra yang didominasi atlet-atlet Amerika.

Amerika menempatkan dua sprinter Christian Coleman dan Noah Lyles, kemudian atlet lompat galah Sam Kendricks, atlet lompat jangkit Christian Taylor dan pelarih 800m Donavan Brazier.

Brazier adalah satu dari dua nomine yang menjadi anggota Oregon Project yang kontroversial dan dilatih Alberto Salazar yang diskor karena doping.

Atlet lainnya yang masuk daftar adalah atlet Belanda kelahiran Ethiopia Sifan Hassan, yang menjuarai nomor 1.500m dan 10.000m putri di Doha.

Baca juga: Kipchoge manusia pertama selesaikan marathon di bawah dua jam


 
Atlet Kenya Eliud Kipchoge dan Brigid Kosgei berpose dengan Pangeran Harry saat merayakan kemenangan dengan piala mereka usai menjuarai London Marathon nomor elit putra dan putri di London, Inggris, Minggu (28/4/2019). (REUTERS/PAUL CHILDS)


Daftar calon atlet putri terbaik:

Beatrice Chepkoech (Kenya)
Shelly-Ann Fraser-Pryce (Jamaika)
Katarina Johnson-Thompson (Inggris)
Sifan Hassan (Belanda)
Brigid Kosgei (Kenya)
Mariya Lasitskene (Atlet Netral Resmi/Rusia)
Malaika Mihambo (Jerman)
Dalilah Muhammad (AS)
Salwa Eid Naser (Bahrain)
Hellen Obiri (Kenya)
Yulimar Rojas (Venezuela)

Baca juga: Hellen Obiri tetap juara dunia 5.000m putri

Daftar calon atlet putra terbaik:
Donavan Brazier (AS)
Christian Coleman (AS)
Joshua Cheptegei (Uganda)
Timothy Cheruyiot (Kenya)
Steven Gardiner (Bahama)
Sam Kendricks (AS)
Eliud Kipchoge (Kenya)
Noah Lyles (AS)
Daniel Stahl (Swedia)
Christian Taylor (AS)
Karsten Warholm (Norwegia)

Baca juga: Rojas pertahankan gelar juara dunia lompat jangkit putri

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Atletik persembahkan 3 medali emas dalam ASG 2019

Komentar