Pemkab Kepulauan Sulu salurkan bantuan rastra berbentuk uang tunai

Pemkab Kepulauan Sulu salurkan bantuan rastra berbentuk uang tunai

Rumah warga di Kepulauan Sula penerima Ranstra (ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara menyalurkan bantuan Beras Sejahtera (Rastra) kepada masyarakat untuk tahun 2019  dalam bentuk uang tunai.

"Tidak ada lagi yang menerima beras secara langsung, akan tetapi diberikan dengan uang tunai sesuai dengan beras yang terima," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Sula  Apin Rivai Masuku di Ternate, Sabtu.

Ia mengatakan, masyarakat yang menerima bantuan dari dinas terkait akan diberikan uang tunai, tidak diberikan beras lagi kepada masyarakat.

Baca juga: Mulai Agustus, program rastra diganti e-warung di Sangihe

Selain itu, setiap penerima bantuan harus menggunakan nomor rekeningnya masing-masing agar dananya dapat ditransfer ke nomor rekening penerima.

"Saat ini, bantuannya sudah bentuk uang tunai dan berjalan sampai di tahun 2020 mendatang itu juga bentuk uang tunai," katanya.

Bahkan, untuk tahun ini sudah dilakukan verifikasi data bagi penerima, katanya. "Karena banyak yang datanya tunggal sehingga pihaknya melakukan verifikasi data untuk penerima dan pihaknya tetap melaksanakan sosialisasi di setiap desa serta tingkat Kecamatan, yang ada di Kepulauan Sula guna untuk bekerja sama agar mengambil nama-nama yang belum menerima bantuan tersebut."

Sedangkan, untuk tahun 2019 yang menerima bantuan sebanyak 3.000 lebih penerima dan ada penambahan lagi di tahun mendatang.

"Tentunya saya berharap kepada penerima bantuan uang tunai, dapat memanfaatkan dengan baik dan jangan gunakan uang tersebut untuk membeli yang tidak berguna dan sebaiknya untuk memenuhi kebutuhan hidup," katanya.

Baca juga: Bulog sudah salurkan beras pengganti ke Kabupaten Puncak

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bulog percepat distribusi Bansos Rastra

Komentar