Anti Hoax

Bus Zhong Tong gampang rusak dan sering terbakar, ini penjelasannya

Bus Zhong Tong gampang rusak dan sering terbakar, ini penjelasannya

Tangkapan layar konfirmasi hoaks oleh Kominfo (Antara/Kominfo)

Direktur Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Pande Putu Yasa mengklaim bahwa Bus Zhong Tong yang merupakan kendaraan buatan China tersebut, sebenarnya tidak pernah mengalami kebakaran
Sebuah akun  Facebook pada 15 Oktober 2019 mengunggah sebuah narasi tentang bus Zhong Tong, yang resmi mengaspal kembali di jalan-jalan Jakarta sejak Jumat (11/10).

Unggahan yang menyertakan gambar aktor laga dari Hong Kong Jackie Chan itu, hingga Sabtu (19/10) telah disukai sebanyak 55 orang dan dikomentari 23 orang.

Dalam kirimannya tersebut, akun itu juga memuat narasi bahwa bus Zhong Tong gampang rusak dan sering terbakar.

Klaim : Bus Zhong Tong gampang rusak dan sering terbakar
Rating : Salah/Disinformasi

Penjelasan:
Direktur Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Pande Putu Yasa mengklaim bahwa Bus Zhong Tong yang merupakan kendaraan buatan China tersebut, sebenarnya tidak pernah mengalami kebakaran, sebagaimana dikutip dari Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kominfo di Jakarta, Sabtu.

Menurut Pande, insiden kebakaran bus produksi Negara Tirai Bambu, yang terjadi pada Maret 2015 itu, merupakan bentuk ketidaktahuan pengemudi.

Dalam insiden Maret 2015 itu, kata Pande, pada awalnya mesin bagian belakang Bus Zhong Tong mengalami kemacetan. Namun, pengemudi tetap memaksakan untuk mengendarai bus tersebut, hingga mengakibatkan terjadi gesekan di mesin yang bermasalah itu.

Akibat gesekan tersebut, kap mesin bus menjadi panas dan otomatis alat pemadam api ringan (APAR) yang terpasang, menyemprotkan busa putih ke sumber panas.
Saat itu, menurut Pande, busa putih tersebut dianggap sebagai bentuk kebakaran. Padahal, bus tidak mengalami kebakaran dan masih dalam keadaan utuh.
Cek fakta: PPD tepis Transjakarta Zhong Tong pernah terbakar 2015

Cek fakta: PPD klaim 59 Bus Zhong Tong penuhi standar keamanan

Sementara itu, Senior Engineer Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Rizky kepada Antara menjelaskan kini bus Zhong Tong telah dilengkapi sensor otomatis untuk memantau tingkat panas di ruang mesin.

Indikator tersebut dilengkapi bilangan angka yang memberitahukan suhu di dalam mesin, ungkap Rizky.

Cek fakta: Ini cara kerja sensor otomatis bahaya kebakaran Bus Zhong Tong

Cek fakta: Dishub DKI: Jangan ragu naik bus Zhong Tong

Cek fakta: Anies sebut Jakarta hanya tentukan SPM terkait bus Zhong Tong

Cek fakta: Penumpang Transjakarta tak sadar bus baru Zhong Tong beroperasi





 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar