Pelantikan presiden, penonton depan Istana Merdeka riuh

Pelantikan presiden, penonton depan Istana Merdeka riuh

Masyarakat memadati depan Istana Merdeka untuk menonton pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019- 2024 melalui videotron, Minggu (20/10/2019). ANTARA/Livia Kristianti/am.

Jakarta (ANTARA) - Masyarakat menyambut dengan riuh kala menonton prosesi pengucapan sumpah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melalui videotron di depan Istana Merdeka, Minggu.

Berdasarkan pantauan Antara, pada pukul 16.05 WIB saat Joko Widodo mengucapkan sumpah mengemban tugas sebagai Presiden RI masyarakat langsung berteriak, "Jokowi, Jokowi, Jokowi,".

Disusul dengan pengucapan sumpah Wakil Presiden RI 2019- 2024 Ma'ruf Amin masyarakat kembali riuh dengan menyerukan nama Jokowi Amin.

Baca juga: Pelantikan Presiden, Jokowi ingin RI tidak terjebak rutinitas-monoton

Mereka menyambut kedua pemimpin baru Republik Indonesia dengan tepukan tangan dan nyanyian memanggil nama Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Masyarakat yang menonton di depan Istana Merdeka ini didominasi oleh relawan yang mengenakan baju putih dan merah dengan tulisan 'Bersatu, Indonesia Maju'.

Terlihat juga masyarakat yang menggunakan pakaian adat maupun kostum unik lainnya dalam kerumunan masyarakat yang menonton di depan Istana Merdeka.

Baca juga: Hadiri pelantikan, Gibran dan Kaesang kompak pakai jas abu-abu

Masyarakat kembali menyaksikan penyerahan Laporan Pelantikan oleh Ketua MPR RI kepada Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Usai penyerahan laporan pelantikan itu, masyarakat kembali bersorak dan bertepuk tangan menonton adegan itu.

Seperti diketahui, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019- 2024 pada pukul 14.00 WIB di Gedung DPR/MPR RI.

Baca juga: Terbentur kebijakan partai, Bima Arya enggan masuk Kabinet Jokowi

Pelantikan itu menyebabkan polisi menutup beberapa ruas jalan dan melakukan rekayasa lalu lintas sejak Sabtu (19/10).

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden akan lantik Dewas KPK pada Desember

Komentar