Dubes Uni Eropa untuk ASEAN ucapkan selamat atas pelantikan Jokowi

Dubes Uni Eropa untuk ASEAN ucapkan selamat atas pelantikan Jokowi

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan kepada wartawan usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Uni Eropa untuk perhimpunan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), Igor Driesmans, menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo yang telah resmi dilantik sebagai Presiden RI untuk periode 2019-2024, dan menyebut Indonesia sebagai penggerak ASEAN.

Dubes Driesmans, yang juga menghadiri acara pelantikan tersebut, menyebut acara pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin sebagai momen penting bagi Indonesia melalui cuitan di akun resmi Twitternya, Minggu.

Ia juga menautkan foto suasana acara pelantikan yang menampilkan Presiden Joko Widodo sedang berdiri di podium.

"Menghadiri pelantikan Presiden Jokowi, momen yang penting untuk Indonesia, anggota pendiri dan penggerak ASEAN. Selamat," tulisnya di akun Twitter dalam bahasa Inggris.
 
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024 setelah dilantik dan diambil sumpahnya di Gedung MPR/DPR/DPD pada Minggu.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-nya dan seadil-adilnya, memegang teguh undang-undang dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Joko Widodo membacakan sumpah jabatan disaksikan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Setelah Ma'ruf Amin membacakan sumpahnya dan keduanya menandatangani berita acara pelantikan yang juga ditandatangani seluruh pimpinan MPR, maka Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Disaksikan oleh jajaran MPR, menteri-menteri Kabinet Kerja I, kepala lembaga-lembaga negara, serta tamu undangan lain, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengambil sumpah jabatan mereka.

Baca juga: Pelantikan presiden, Jokowi sebut lima prioritas yang akan dikerjakan

Baca juga: 1.001 harapan terhadap pemerintahan Jokowi-Amin


Pelantikan tersebut dihadiri oleh beberapa pemimpin dan utusan khusus dari negara-negara sahabat, seperti Perdana Menteri Australia Scott Marrison, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Raja Eswatini Mswati III, Wakil Presiden China Wang Qishan, dan Menteri Transportasi Amerika Serikat Elaine Chao.

Selain itu, hadir juga duta-duta besar negara sahabat yang mewakili pemimpin negaranya masing-masing untuk menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo dan Maruf Amin.

Baca juga: PM Malaysia hingga Raja Eswatini akan hadiri pelantikan Jokowi

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden akan lantik Dewas KPK pada Desember

Komentar