Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia akan menambah keikutsertaan empat cabang olahraga (cabor) pada SEA Games Filipina 2019, November mendatang, kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warga Negara di Jakarta, Minggu.

Pada awalnya, Kontingen Indonesia akan mengikuti 45 dari 56 cabor yang dipertandingkan pada pesta olahraga Asia Tenggara tersebut. Namun, empat cabor olahraga yakni anggar, underwater hockey, sailing, dan floor ball ingin bergabung memperkuat Kontingen Merah Putih dengan biaya sendiri.

Harry mengatakan, pihaknya akan bertemu dengan Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan PMK, Nyoman Suwida di Kantor Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Jakarta, Senin (21/10) untuk melaporkan penambahan empat cabor baru yang akan diikuti tim Merah Putih di SEA Games.

"Saat menghadap Pak Nyoman Suwida, kita akan melaporkan adanya penambahan cabor dari 45 menjadi 49 cabor yang akan diikuti pada SEA Games Filipina 2019 sehubungan tambahan empat cabor mandiri atau dengan biaya sendiri yang ingin ikut memperkuat Kontingen Indonesia,'' ujar Harry saat mengunjungi pelatnas golf di Emerald Golf Courses, National Golf Training Center Jl Cimanggis Boulevard, Tapos, Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Golf Indonesia pasang target realistis di SEA Games

Selain penambahan cabor, pertemuan itu juga akan membahas mengenai masalah bonus apabila atlet mandiri berhasil meraih medali pada SEA Games Filipina 2019.

''Kita akan mengusulkan atlet mandiri untuk mendapatkan hak yang sama dalam masalah bonus jika mereka meraih medali SEA Games 2019 nanti,'' katanya.

Harry menuturkan, masalah penambahan cabor dan adanya jaminan bonus bagi atlet mandiri itu juga akan dibicarakan dengan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Yuni Poerwanti yang akan dijadwalkan di Kantor Kemenpora Jakarta, Selasa (22/10).

''Yang pasti, kita akan bahas bersama Kemenko PMK dan juga Kemenpora masalah penambahan maupun jaminan bonus atlet mandiri. Setelah rampung, nanti kita bisa memutuskan atau memfinalisasikan karena kita juga sedang mempertimbangkan masuknya Football putri untuk SEA Games," ucapnya.

Selanjutnya, Harry juga berencana mengunjungi pelatnas setiap cabang olahraga untuk memantau persiapan menghadapi SEA Games 2019.

"Saya ingin bertemu atlet, pelatih, manajer dan pengurus induk organisasi (PB/PP) untuk mendengar progres dan persiapan mereka serta berbagai kendala yang dihdapi. Pasalnya, kita sangat berharap mereka mampu meraih prestasi dan mengibarkan Merah Putih di SEA Games Filipina 2019."

Baca juga: PB Percasi soroti masalah mental pecatur jelang SEA Games 2019

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019