Liga Champions

Gol Dodo hindarkan Shakhtar dari kekalahan dari Zagreb

Gol Dodo hindarkan Shakhtar dari kekalahan dari Zagreb

Gelandang Shakhtar Donetsk Dodo merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Dinamo Zagreb dalam pertandingan Grup C Liga Champons yang dimainkan di Stadion Metalist, Kharkiv, Rabu (23/10/2019) dini hari WIB. (ANTARA/AFP/SERGEI SUPINSKY)

Jakarta (ANTARA) - Gol yang dibukukan pemain pengganti Dodo menghindarkan Shakhtar Donetsk dari kekalahan saat menjamu Dinamo Zagreb dalam pertandingan Grup C Liga Champions yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Metalist, Kharkiv, Rabu dini hari WIB.

Hasil ini membuat kedua klub sama-sama mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan. Namun Dinamo Zagreb berhak menduduki peringkat kedua karena memiliki rekor gol tandang head to head yang lebih baik, demikian dilansir laman resmi UEFA.

Tampil di depan publik sendiri, Shakhtar menebar ancaman sejak awal. Dinamo beruntung karena Emir Dilaver masih mampu mencegah Junior Moraes dalam memaksimalkan peluang yang dimilikinya.

Mereka kemudian memecah kebuntuan pada menit ke-16 ketika Yevheniy Konoplyanka sukses memanfaatkan operan Marlos di dalam kotak penalti untuk menaklukkan kiper Dominik Livakovic.

Dinamo secara bertahap memperbaiki permainannya. Tim Kroasia itu akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-25 melalui Daniel Olmo yang berhasil meneruskan operan Mislav Orsic.

Baca juga: Gol Morata bawa Atletico semakin dekati 16 besar

Orsic hampir membawa Dinamo berbalik memimpin setelah turun minum, namun sepakannya membentur tiang gawang setelah sang penyerang berlari menggiring bola dari area pertahanan sendiri.

Dinamo mendapat hadiah penalti pada menit ke-60 setelah Andriy Pyatov menjatuhkan Mario Gavranovic di kotak terlarang. Orsic yang dipercaya menjadi eksekutor menunaikan tugasnya untuk mengubah skor menjadi 1-2.

Namun Dodo membuyarkan mimpi Dinamo untuk membawa pulang tiga poin. Ia mendapat operan dari Alan Patrick, dan menyelesaikan peluang dengan tenang setelah mengecoh Livakovic untuk mengamankan hasil imbang bagi Shakhtar.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov, Sergiy Bolbat (Dodo 66'), Sergey Krivtsov, Mykola Matviyenko, Ismaily, Alan Patrick, Taras Stepanenko, Marlos (Viktor Kovalenko 84'), Taison, Yevheniy Konoplyanka (Manor Solomon 66'), Junior Moraes

Dinamo Zagreb (3-4-2-1): Dominik Livakovic, Kevin Theophile-Catherine, Emir Dilaver, Dino Peric, Petar Stojanovic, Nikola Moro, Arjian Ademi (Amer Gojak 68'), Marin Leovac, Daniel Olmo, Mislav Orsic (Luka Ivanusec 68', Mario Gavranovic (Bruno Petkovic 62')

Baca juga: Jadwal Liga Champions: Tottenham, Real Madrid buru tiga poin

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar