Anti Hoax

Gibran Rakabuming maju Pilkada Solo melalui jalur independen, ini penjelasannya

Gibran Rakabuming maju Pilkada Solo melalui jalur independen, ini penjelasannya

Putra sulung Pesiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sata memberikan keterangan soal dirinya akan maju Pilkada Surakarta 2020, di Solo, Sabtu. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

"Saya sudah mendaftar ke PDIP, dan saya tidak pernah sekalipun, dimanapun, serta siapapun bilang, kalau saya akan maju calon Wali Kota Surakarta melalui independen," kata dia.
Di sebuah akun beredar infografis berisi narasi yang menyatakan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, bakal maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2020 melalui jalur independen.

Unggahan dengan 2.354 penyuka hingga Selasa (22/10) tersebut, juga menarasikan bahwa Gibran saat ini telah menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), namun ayah dari Jan Ethes itu didorong maju dalam Pilwalkot Solo mendatang lewat jalur nonpartai.

Infografis yang diunggah di media sosial Instagram sejak 1 Oktober 2019 itu turut menyertakan narasi soal pemberian  dukungan Partai Solidaritas Indonesia kepada Gibran, jika mendaftar jadi calon kepala daerah secara independen.

Klaim: Gibran Rakabuming maju Pilkada Solo melalui jalur independen
Rating: Salah/Disinformasi

Penjelasan:
Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sebagaimana diberitakan Antara pada Sabtu (19/10), menegaskan bahwa dirinya akan berpartisipasi dalam Pilkada Surakarta 2020 melalui jalur partai.

"Saya sudah mendaftar ke PDIP, dan saya tidak pernah sekalipun, dimanapun, serta siapapun bilang, kalau saya akan maju calon Wali Kota Surakarta melalui independen," kata dia.

Walaupun saat ini peluang Gibran untuk maju dari DPC PDIP Surakarta terbilang kecil. Lantaran PDIP Kota Surakarta telah sepakat mengajukan pasangan Achmad Purnomo serta Teguh Prakosa pada Pilkada Solo mendatang.

Namun, suami Selvi Ananda itu tak "patah arang". Gibran mengatakan dirinya masih berkesempatan mendaftarkan diri dalam kontestasi politik lokal itu lewat DPD atau DPP PDIP.

Cek fakta: Gibran tetap maju Pilkada Solo melalui PDIP

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua DPC PDIP Surakarta FX. Hadi Rudyatmo mengatakan pihaknya tidak akan menghalangi langkah politik yang bakal ditempuh Gibran itu, seperti diberitakan Antara pada Senin (21/10).

Kendati demikian, DPC PDIP Kota Surakarta pada pilwalkot mendatang akan tetap mendukung pasangan yang ditunjuk berdasarkan aspirasi dari anak ranting, pengurus anak cabang (PAC) hingga DPC, yakni Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa, jelas Hadi Rudyatmo.
Cek fakta: DPC PDIP persilakan Gibran jika daftar DPD/DPP

Cek fakta: Fokus ke politik, Gibran akan alihkan tanggung jawab usaha ke Kaesang


 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jan Ethes punya adik perempuan

Komentar