Mudah-mudahan peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan bisa mendapatkan semangat untuk meningkatkan jiwa kebangsaannya,
Bintan Kepulauan Riau (ANTARA) - Haikal yang merupakan jebolan ajang menyanyi Akademi Fantasi Indosiar (AFI) menganggap pahlawan masa kini menurutnya adalah orang yang tetap melestarikan budaya.

"Pahlawan bukan hanya berjuang, berperang, tapi menurut saya pahlawan adalah melestarikan budaya," kata Haikal pada bakti sosial Jelajah Kapal Kepahlawanan di Pantai Sakera, Bintan Kepulauan Riau, Kamis.

Penyanyi yang bernama asli Muhammad Haikal Putra itu merupakan kelahiran Medan tapi besar di Pekanbaru Riau, sehingga ia fasih berbahasa Melayu.

Di hadapan para peserta bakti sosial di Pantai Sakera, Haikal menyanyikan lagu Melayu. Ia juga sempat berbincang dengan menggunakan bahasa Melayu.

Baca juga: 500 pemuda ikut Jelajah Kapal Kepahlawanan

Haikal sebelumnya juga mengisi kegiatan pada Jelajah Kapal Kepahlawanan di atas KRI Banda Aceh 593.

Kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan yang diselenggarakan Kementerian Sosial (Kemensos) dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan 10 November diikuti 500 generasi muda dari berbagai unsur seperti pelajar, mahasiswa, santri, Pramuka, organisasi sosial, dan lainnya.

Melalui kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan yang dilaksanakan Kemensos, diharapkan dapat dijadikan suatu sarana untuk mempertebal rasa nasionalisme di kalangan generasi muda.

Jelajah Kapal Kepahlawanan dilaksanakan dalam rangkaian Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November, yang tahun ini mengambil tema Aku Pahlawan Masa Kini.

Baca juga: Kemensos: Nilai-nilai sosial cegah terjadinya konflik

Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Kementerian Sosial Bambang Sugeng mengatakan, generasi muda diharapkan menjadi pahlawan masa kini sesuai dengan kemampuan, potensi dan peran masing-masing.

"Mudah-mudahan peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan bisa mendapatkan semangat untuk meningkatkan jiwa kebangsaannya," kata Bambang Sugeng.

Generasi muda, tambah Bambang perlu mencontoh semangat dan nilai-nilai kepahlawanan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti tolong-menolong, kebersamaan, nilai kepedulian dan rela berkorban.

Baca juga: 20 nama diusulkan jadi calon Pahlawan Nasional

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019