Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko optimis daerahnya akan menjadi juara umum pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi DKI Jakarta ke-XXVIII pada November 2019 mendatang.

"Dalam sebuah ajang kompetisi yang sangat positif, kita sangat berharap gelar juara umum akan diraih oleh Jakarta Utara," kata Sigit usai penutupan MTQ ke-XXVIII tahun 2019 tingkat Kota Jakarta Utara di Halaman Plaza Barat Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat malam.

Tetapi yang terpenting kata Sigit, bagaimana kontingen Jakarta Utara dapat memberikan tauladan kepada seluruh kafilah-kafilah yang lain se Provinsi DKI Jakarta.

"Diutamakan contoh diberikan dari sisi kebersamaan, akhlakul karimah, persaudaraan sesama ummat islam," harap Sigit.

Sigit menyatakan harapan dan tujuan itu tidak akan tercapai tanpa dukungan para alim ulama, para kiai dan guru-guru untuk melakukan pembinaan kepada para Qori dan Qoriah serta Hafidz dan Hafidzah di Jakarta Utara.

Pemerintah DKI Jakarta telah melaksanakan kegiatan MTQ berjenjang sesuai Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 76 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi DKI Jakarta XXVIII Tahun 2019.

MTQ itu digelar dari tingkat Kecamatan pada September 2019, kemudian tingkat Kota/Kabupaten pada Oktober 2019. Selanjutnya MTQ tingkat provinsi pada bulan Nopember 2019 dan sebagai tuan rumah Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Pelaksanaan MTQ secara berjenjang tersebut dilakukan dalam rangka Keikutsertaan Pemprov DKI Jakarta pada MTQ Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020.

Baca juga: Kecamatan Koja Juara pertama MTQ se-Jakarta Utara

Pewarta: Fauzi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019