Wapres serukan pemuda terdepan jaga persatuan dan kebinekaan

Wapres serukan pemuda terdepan jaga persatuan dan kebinekaan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (ANTARA/Asdep Komunikasi dan Informasi Publik Setwapres)

Pemuda harus menjadi pelopor kebinekaan dan keutuhan NKRI dan pemersatu bangsa
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerukan agar pemuda menjadi yang terdepan dalam menjaga persatuan, kebinekaan, dan keutuhan NKRI.

"Pemuda harus menjadi pelopor kebinekaan dan keutuhan NKRI dan pemersatu bangsa," kata Wapres pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Jakarta, Senin malam.

Pemuda, lanjut Wapres, juga harus paling depan menjaga keutuhan NKRI dari upaya-upaya pemecah bangsa, separistisme, radikalisme, ekstremisme bahkan terorisme.

Baca juga: Ma'ruf Amin diangkat sebagai anggota kehormatan ormas PP

Dalam bagian lain pidatonya seperti dikutip dalam siaran pers diterima di Jakarta, Selasa, Wapres mengajak seluruh masyarakat Indonesia memiliki semangat kepemudaan.

"Umur boleh tua, tapi semangat tetap dan harus muda karena semangat muda ini yang menyatukan Indonesia. Semangat kepemudaan inilah yang melahirkan Indonesia, menghasilkan sumpah pemuda. Karena itu, semangat ini tidak boleh pudar, harus tetap menjadi bagian dari kehidupan kita," ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pun mengingatkan pentingnya persatuan. Sumpah Pemuda mengingatkan bahwa 91 tahun lalu dengan segala keterbatasan fasilitas dan perbedaan komunikasi bangsa ini bisa bersatu.

"Tetapi di saat fasilitas sudah maju kita seakan susah bersatu. Maka kuncinya kita harus bersatu," ujar Menpora.

Menpora juga mengajak anak muda untuk mensyukuri kemajuan teknologi dan bersama-bersama menjaga persatuan dan kesatuan.

Ketua pelaksana Asrorun Niam Sholeh sekaligus Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora menjelaskan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda dimulai sejak awal Oktober 2019 dengan berbagai kegiatan seperti peluncuran Bulan Pemuda, pertemuan legenda pemuda, lomba penulisan sejarah kepahlawanan kaum muda Indonesia, temu periset muda nasional, turnamen olahraga pemuda dan mahasiswa.

Puncaknya malam pemberian apresiasi atas telenta-talenta muda di seluruh Indonesia yang dikelompokkan menjadi empat bidang, yakni Penghargaan Pemuda Pelopor, Penghargaan Wirausaha Muda dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi, Penghargaan Pemuda Hebat serta Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Pemuda.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Penguatan SDM jadi solusi hadapi "middle income trap"
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin andalkan santri adang radikalisme

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kilas NusAntara Edisi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar