Indonesia mendorong agar seluruh teks perjanjian dapat difinalisasi dan perundingan akses pasar segera diselesaikan
Jakarta (ANTARA) - Di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-35 dan Pertemuan Terkait Lainnya, Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing di Bangkok, Thailand, sebagai upaya untuk meningkatkan perdagangan kedua negara.

“Indonesia menjunjung tinggi kerja sama ekonomi dengan Singapura yang selama ini telah terbangun dengan baik,” ujar Mendag melalui keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kedua pihak sepakat meningkatkan perdagangan bilateral Indonesia-Singapura, khususnya melalui 6 kelompok kerja yang telah terbentuk, yaitu Batam, Bintan dan Kawasan Ekonomi Khusus Karimun; investasi; tenaga kerja; transportasi; agribisnis; dan pariwisata.

Selain itu, kedua menteri mendiskusikan secara intensif perkembangan perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) dan strategi dalam menyelesaikan isu-isu yang masih menjadi kendala, seperti akses pasar.

Mendag Agus mengapresiasi langkah Singapura yang telah membantu kemajuan perundingan RCEP.

Selain itu, dia meminta dukungan dalam menyelesaikan beberapa isu yang masih terkendala serta menekankan urgensi ASEAN sentralitas dan satu suara dalam upaya penyelesaian perundingan.

“Indonesia mendorong agar seluruh teks perjanjian dapat difinalisasi dan perundingan akses pasar segera diselesaikan, sehingga RCEP dapat ditandatangani pada akhir tahun depan”, ujar Agus.

RCEP merupakan konsep kerja sama ekonomi yang melibatkan 10 negara anggota ASEAN dan 6 negara mitra ASEAN+1 (Tiongkok, Korea, Jepang, Australia, Selandia Baru, dan India). Perundingan RCEP dimulai sejak tahun 2013 dan Indonesia bertindak sebagai negara koordinator (country coordinator).


Baca juga: Mendag RI ajak tingkatkan perdagangan dengan Singapura
Baca juga: Indonesia-Singapura sepakati kerja sama di sejumlah bidang
Baca juga: Indonesia perkuat kemitraan ekonomi dengan Singapura


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019