KLB PSSI

Kongres PSSI siap digelar pukul 08.00 WIB meski didera polemik jadwal

Kongres PSSI siap digelar pukul 08.00 WIB meski didera polemik jadwal

Sebanyak sembilan calon ketua umum PSSI periode 2019-2023 yaitu Sarman El Hakim, Vijaya Fitriyasa, Fary Djemy Francis, Yesayas Oktavianus (duduk dari kiri ke kanan), Rahim Soekasah, Aven Hinelo, Arif Wicaksono, Benny Erwin (berdiri dari kiri ke kanan), mengeluarkan deklarasi berjudul ‘PSSI Baru Menuju Perubahan’ yang berisi kritik dan kekecewaan mereka terkait kongres pemilihan PSSI di Jakarta, Jumat (1/11/2019). (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Kongres luar biasa (KLB) PSSI untuk memilih jajaran Komite Eksekutif (Exco) periode 2019-2023 siap digelar hari ini, Sabtu (2/11), mulai pukul 08.00 WIB di Hotel Shangri-La, Jakarta, meski didera polemik terkait jadwal.

"Selamat datang peserta kongres luar biasa PSSI 2019. Semoga kongres berjalan lancar, sukses, dan sepak bola Indonesia bisa terbang lebih tinggi prestasinya," kata Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu.

Menurut Iwan, para pemilik suara (voter) dan delegasi sudah tiba di lokasi kongres sejak Jumat (1/11). Mereka langsung melakukan pendaftaran yang dibuka pukul 14.00-23.00 WIB.

KLB PSSI kali ini diikuti 86 voter PSSI terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 1 Asosiasi Futsal (FFI) dan 1 Asosiasi Sepak Bola Wanita.

Perwakilan FIFA dan AFC juga dipastikan hadir di Jakarta. FIFA mengirimkan dua utusannya yakni Head of Member Association Governance Service, Luca Nicola dan Development Manager Southeast and East Asia, Lavin Vignesh.

Sementara AFC diwakili oleh tiga delegasi yakni Head of South Asia Unit AFC Member Association and Regional Associations Departemen, Purushottam Kattel, Manager of Asean Unit AFC Member Association and Regional Associations Departement, Nhodkeo Phawadee dan Secretary of AFC Member Association and Regional Associations Departement, Varankumar Sagaran.

Dengan hadirnya FIFA dan AFC di KLB, PSSI berharap tidak ada lagi polemik jadwal pelaksanaan kongres.

"Kami harap jangan ada lagi yang berpolemik terkait KLB itu 2 November atau 25 Januari harus ada izin atau tidak dari FIFA. Karena perwakilan FIFA dan AFC sudah hadir," kata Iwan.

Tentang kurangnya sosialisasi tata cara pemilihan Komite Eksekutif PSSI dan tidak adanya acara debat yang dikeluhkan beberapa calon ketua umum PSSI, Iwan memberikan penjelasan.

Pertama, tidak ada tata cara pemilihan Exco dalam "electoral code" dan "best practice" FIFA.

Kemudian, untuk debat, kegiatan tersebut merupakan wewenang penuh Komite Pemilihan PSSI dan bukan merupakan kewajiban.

Kongres luar biasa (KLB) PSSI pada hari ini, Sabtu (2/11), digelar untuk memilih 15 personel Exco PSSI 2019-2023 yaitu ketua umum, dua wakil ketua umum dan 12 anggota exco.

Kongres berlangsung mulai pukul 08.00 WIB diawali dengan pendaftaran. Pembukaan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB dan proses pemilihan berlangsung pukul 09.30 WIB.

Para voter akan melakukan pemilihan ketua umum terlebih dahulu, dilanjutkan wakil ketua umum dan terakhir anggota exco.

Ada 11 calon ketua umum PSSI periode 2019-2023 yaitu Arif Wicaksono, Aven Hinelo, Bernhard Limbong, Benny Erwin, Fary Djemy Francis, La Nyalla Mattalitti, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, Sarman El Hakim, Vijaya Fitriyasa dan Yesayas Oktavianus beserta 15 calon wakil ketua umum dan 71 calon anggota exco yang akan dipilih dalam KLB tersebut.

Baca juga: Kemenpora nilai KLB PSSI November sah

Baca juga: Presiden Jokowi tidak mau campuri kongres PSSI



 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PSSI akan bentuk divisi urus suporter sepakbola

Komentar