PMI mengajak relawannya untuk siap siaga dan respon bencana

PMI mengajak relawannya untuk siap siaga dan respon bencana

Silahturahmi dan kunjungan kerja Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (PB) PMI Pusat Letjen TNI (Purn) Sumarsono, Kepala Markas PMI Pusat Marsda (Purn) Sunarbowo Sandi dan Kepala Divisi PB PMI PusatĀ Arifin MĀ Hadi dengan pengurus, staf dan relawan PMI Kota Makasar. (Antara/HO/Humas PMI)

Makasar, Sulsel (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) mengajak relawannya agar selalu siap siaga dan respon terhadap setiap kejadian bencana yang bisa terjadi kapan saja untuk mengurangi risiko dampak baik nyawa maupun harta.

Ajakan sekaligus imbauan tersebut disampaikan saat kunjungan kerja Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (PB) PMI Pusat Letjen TNI (Purn) Sumarsono ke PMI Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Bencana tidak bisa diprediksi terjadinya sehingga sebagai relawan lembaga kemanusiaan (PMI) harus selalu siap dan siaga serta merespon cepat khususnya dalam membantu korban," kata Sumarsono dalam sambutannya di Markas PMI Kota Makasar, Minggu.

Baca juga: Lokakarya sekolah aman gempa bumi digelar PMI Jabar

Menurut dia keberadaan PMI saat ini sangat penting di masyarakat dalam ikut penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya dalam hal bencana, setiap jajaran PMI pun harus siap membantu permasalahan kemanusiaan lainnya seperti korban konflik dan lainnya.

Pihaknya juga mengapresiasi mengapresiasi PMI Kota Makassar yang ikut serta dalam upaya penanggulangan bencana dan menolong korban terdampak seperti penanganan eksodus pengungsi Wamena, Papua dan penanganan bencana banjir yang lalu.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Makassar Abdul Gafur menambahkan pihaknya kerap mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan bencana di Indonesia seperti penanganan korban gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemudian ikut membantu PMI Sulawesi Tengah dalam penanganan bencana tsunami, gempa bumi dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggal serta kejadian bencana lainnya yang terjadi di berbagai belahan daerah di Indonesia.

"Kami (Korps Sukarelawan, PMR, dan SIBAT) selalu siap dalam membantu proses kemanusiaan baik yang terjadi di Makasar maupun daerah lainnya. Relawan yang kami kirim ke lokasi seperti daerah bencana tentunya sudah dibekali ilmu dan keahlian di bidangnya masing-masing," tambahnya.

Dalam silahturahmi dan kunjungan kerja tersebut juga dihadiri Kepala Markas PMI Pusat Marsda (Purn) Sunarbowo Sandi, Kepala Divisi PB PMI Pusat Arifin M Hadi serta pengurus, staf dan relawan PMI Kota Makasar. 

Baca juga: PMR Garut ciptakan replika pendeteksi longsor dan banjir

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

JK: Idealnya dua persen dari penduduk jadi pendonor darah

Komentar