Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat siap memberikan layanan kemanusiaan untuk mengantisipasi risiko kedaruratan saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.  

Dalam apel siaga di Halaman Gedung Yayasan Ksatrya, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, yang diikuti oleh para relawan, staf dan pengurus tersebut, PMI Jakpus menegaskan komitmen itu merupakan bentuk keseriusan dan tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta kelancaran penyelenggaraan Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari mendatang.

“PMI Jakarta Pusat akan memberikan layanan kemanusiaan sebagai langkah antisipasi dan kesiapan dalam upaya mitigasi risiko terjadinya hal-hal kedaruratan saat pelaksanaan pemilu sesuai tugasnya sebagai organisasi perhimpunan dan lembaga kemanusiaan yang senantiasa berperan aktif dalam berbagai pelayanan kemanusiaan berupa pertolongan pertama, pelayanan kesehatan, transportasi ambulans dalam setiap kondisi dan situasi apapun,” kata Ketua PMI Kota Administrasi Jakarta Pusat Soewardi Sulaiman saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Soewardi menjelaskan, sekitar 56 relawan PMI dan petugas kesehatan akan dikerahkan untuk siaga Pemilu baik di posko PMI Kecamatan maupun di posko PMI Kota Jakarta Pusat.

Ia menambahkan, selain relawan, PMI Kota Jakarta Pusat juga menyiapkan kendaraan operasional sebagai sarana pelayanan kesiapsiagaan Pemilu berupa tiga unit ambulans, satu mobil jenazah, dan dua mobil operasional. PMI Kota Jakarta Pusat juga menyiagakan posko 24 jam.

Ketika bertugas, lanjut Soewardi, petugas PMI Kota Jakarta Pusat diharapkan dapat bersinergi dengan elemen manapun.

“Kita akan memperkuat koordinasi antara aparat keamanan, pemerintah daerah, Suku Dinas Kesehatan, serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama pemungutan suara hingga penghitungan suara,” jelas Soewardi.

Baca juga: PMI DKI siapkan tim kesehatan hingga ambulans saat pemungutan suara

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kota Jakarta Pusat Gunadi Alfadjari mengatakan pihaknya sudah memberikan arahan serta imbauan kepada seluruh tim yang bertugas untuk selalu menjaga kenetralan dan memegang prinsip-prinsip kepalang merahan dalam menjalankan tugas layanan kemanusiaan.

“Seluruh personel yang dilibatkan harus dilengkapi dengan pengaman diri dan wajib bersurat tugas, id (tanda pengenal) serta armada atau kendaraan seperti ambulans yang dikerahkan wajib menggunakan logo PMI,” kata Gunadi.

Baca juga: Antisipasi aksi massa pascapenetapan hasil pemilu, PMI siaga

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024