Sarilamak (ANTARA) - Sebanyak 94 pebalap yang tersisa dalam ajang Tour de Singkarak 2019 menjalani lintasan sepanjang 129.9 kilometer pada etape III, Senin.

Start di Lembah Harau, Limapuluhkota pada pukul 10 WIB pebalap diperkirakan finis di Padang Panjang sekitar pukul 13.19 WIB.

Lepas dari tanjakan pertama di kelok sembilan, satu rombongan tujuh pebalap mimimpin di depan. Jesse Ewart dengan yellow jersey terpantau berada dalam rombongan terdepan tersebut.

Baca juga: Jesse Ewart fokus pertahankan yellow jersey pada etape III TdS 2019

Rombongan besar terpisah hanya beberapa detik dari rombongan pertama disusul satu pebalap yang tertinggal di belakang.

Etape ini selain jalur lintasan yang lebih panjang, juga memiliki karakteristik medan lintasan yang lebih berat dari dua etape sebelumnya.

Terdapat tiga titik sprint dan tiga titik King Of Mountain (KOM) yang harus ditaklukkan oleh para pebalap.

Sejumlah spot destinasi wisata unggulan Sumatera Barat siap menyambut kedatangan pebalap dan tim ofisial TdS 2019. Kawasan objek wisata geopark Lembah Harau, keindahan jembatan Kelok Sembilan yang mendunia dan pamandian Mifan menjadi beberapa dari sekian banyak spot destinasi alam yang akan memanjakan mata pebalap.

Baca juga: Etape II lewati Sesar Sumatera

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, memang sengaja merekomendasikan lintasan etape per etape Tour de Singkarak dari tahun ke tahun penyelenggaraan, melewati banyak tempat objek wisata. Agar potensi kepariwisataan Ranah Minang dapat lebih terekspose dengan baik lagi.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyebutkan event Tour de Singkarak telah membuat Ranah Minang tidak saja dikenal di tingkat nasional, namun juga mancanegara karena sudah masuk pada agenda tahunan UCI.

Model penyelenggaraan seperti Tour de Singkarak ini kata Nasrul, memberikan estafet pemahaman bagaimana sebuah event tersebut dikelola dengan berorientasi kepada kenyamanan pengunjung sebagai upaya pencitraan sebuah destinasi wisata.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019