Pemuda Muhammadiyah harapkan GBT terpilih venue Piala Dunia U-20

Pemuda Muhammadiyah harapkan GBT terpilih venue Piala Dunia U-20

Pekerja melakukan perawatan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019). Stadion tersebut merupakan satu dari sepuluh stadion yang diusulkan PSSI sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 pada 2021. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Surabaya (ANTARA) - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Surabaya berharap Stadion Gelora Bung Tomo terpilih menjadi salah satu venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Tentu kami sangat bangga dan gembira jika GBT yang berada di Kota Surabaya dipercaya sebagai salah satu venue," ujar Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kota Surabaya Achmad Rosyidi kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Sebagai salah satu organisasi kepemudaan, pihaknya siap mendukung terselenggaranya perhelatan akbar tersebut di Kota Pahlawan, sebab penunjukan tuan rumah dalam ajang internasional menjadi hal yang ditunggu-tunggu dan memberikan banyak efek positif.

Baca juga: PSSI Jatim berharap masyarakat wujudkan mimpi venue Piala Dunia U-20

"Imbasnya tak hanya untuk warga sekitar, tapi banyak orang. Industri kuliner, UMKM, perdagangan kecil, ekonomi kreatif, budaya, dan pariwisata di Surabaya juga pasti terdongkrak," ucapnya.

Cak Ros, sapaan akrabnya, memandang bahwa ajang Piala Dunia U-20 yang melibatkan pemuda secara langsung diharapkan menjadi sebuah semangat tersendiri bagi anak-anak muda di Surabaya dan Indonesia nantinya.

"Ini merupakan momentum bagi arek-arek Suroboyo mengambil semangat positif dari pemain-pemain muda kelas dunia. Pemuda dari berbagai negara berkumpul dan menampilkan kehebatannya bermain sepak bola. Nilai inilah yang bisa diserap dan menjadi inspirasi," katanya.

Karena itulah, dia berharap Pemerintah Kota Surabaya mempersiapkannya dengan serius sehingga benar-benar menjadi tuan rumah yang layak.

Baca juga: Khofifah siap duduk bersama Risma bahas polemik Stadion GBT

"Saya optimistis Pemkot sangat serius mempersiapkannya, dan Pemuda Muhammadiyah Surabaya juga siap berperan serta turut menyemarakkan Piala Dunia U-20 tersebut agar benar-benar layak menjadi tuan rumah yang baik," tuturnya.

Terlebih, kata dia, Stadion GBT pernah menggelar sejumlah pertandingan kelas dunia dan menampilkan sejumlah pemain-pemain internasional, seperti melawan salah satu kontestan Liga Inggris, QPR, timnas China U-19 hingga legenda Real Madrid Fernando Morientes.

Sedangkan, terkait polemik Stadion GBT pihaknya berharap segera berakhir dan tak ingin ikut terlibat di dalamnya, serta yang terpenting stadion tersebut terpilih sebagai salah satu dari enam venue yang ditentukan FIFA.

Baca juga: Menpora berharap Jatim masuk venue Piala Dunia U-20

Baca juga: Pemprov Jatim: Pernyataan Gubernur tentang GBT motivasi bagi Surabaya


Stadion Gelora Bung Tomo adalah satu-satunya stadion di Jatim yang sudah diajukan PSSI ke FIFA sebagai salah satu tempat pertandingan Piala Dunia U-20 dua tahun mendatang.

Sembilan stadion lain juga diajukan sebagai venue untuk kejuaraan itu, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Manahan di Solo.

Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar Bali, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia siap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021

Komentar