Piala Dunia Sepak Bola U20

Pemprov Jatim: Pernyataan Gubernur tentang GBT motivasi bagi Surabaya

Pemprov Jatim: Pernyataan Gubernur tentang GBT motivasi bagi Surabaya

Pekerja melakukan perawatan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019). Stadion tersebut merupakan satu dari sepuluh stadion yang diusulkan PSSI sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 pada 2021. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov setempat Aries Agung Paewai menegaskan pernyataan Gubernur Khofifah tentang bau sampah di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo merupakan bentuk motivasi bagi Pemerintah Kota Surabaya.

"Pernyataan Bu Gubernur adalah masukan dan motivasi bagi pemkot agar segera menyelesaikan persoalan sampah," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, hal ini perlu dilakukan agar tidak ada hal-hal teknis yang mengganggu penilaian saat FIFA melakukan peninjauan di stadion yang akan dijadikan venue Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Baca juga: Warganet soroti pernyataan Gubernur Khofifah tentang aroma sampah GBT

Sebelumnya, Gubernur Khofifah mengkhawatirkan bau sampah di TPA Benowo yang masuk ke Stadion GBT Surabaya saat perwakilan FIFA melakukan peninjauan ke lokasi salah satu arena Piala Dunia U-20 dua tahun mendatang.

Sementara Stadion GBT menjadi satu di antara 10 stadion yang diajukan PSSI sebagai venue menggelar Piala Dunia U-20.

Gubernur Khofifah, kata Aries, sangat menghargai semangat Bonek Mania dan Pemkot Surabaya agar Stadion GBT terpilih sebagai salah satu venue, namun ia menengaskan harus tetap disiapkan alternatif sebagai pendukung bila terjadi sesuatu yang tak terduga.

Dengan adanya alternatif ini, diharapkan opsi Jatim sebagai salah satu venue tuan rumah Piala Dunia U-20 tidak akan pindah ke provinsi lain.

"Ibu Gubernur sangat mengapresiasi Bonek Mania dan Pemkot Surabaya. Akan tetapi alternatif lain harus tetap disiapkan agar kesempatan menjadi tuan rumah tidak akan berpindah ke provinsi lain," tuturnya.

Baca juga: Pengelola GBT: Perbaikan kerusakan stadion segera selesai

Gubernur, lanjut dia, sangat berharap Jatim bisa dipilih menjadi salah satu venue yang dipergunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-20.

Sementara itu, selain Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, sembilan stadion yang sudah diajukan PSSI adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor dan Stadion Manahan di Solo.

Berikutnya, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar Bali, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, serta Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Baca juga: Dispora nyatakan perbaikan kerusakan stadion GBT ditanggung Persebaya

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia siap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021

Komentar