Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengungkapkan akan mengadakan rapat dengan Singapura terkait rencana pengajuan tuan rumah Piala Dunia U-20 2025.

Sebelumnya Ketua Panitia Piala Dunia U-17 Indonesia yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, setelah sukses menjadi penyelenggara Piala Dunia U-17, Indonesia kini fokus untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 pada 2025 bersama dengan Singapura.

"Jadi tahap yang dilakukan adalah tanda tangan kerjasama antara PSSI dan FAS (Football Asociation Singapore). Ini sekaligus dilanjutkan ke FIFA. Saat ini dalam penggodokan dari Menpora Singapura dan saya. Kami sedang menunggu dari pihak Singapura, baru kemarin sore FAS dan Menpora Singapura (mengadakan) rapat terbuka. Nanti ada rapat (dengan kami)," kata Menpora Dito Ariotedjo seusai konferensi pers Indonesia International Open 2024 di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Indonesia dalam kenangan sepak bola global

Menpora Dito mengungkapkan rapat bersama dengan pihak Singapura tersebut akan berlangsung diperkirakan Minggu depan.

"Pastinya secara ada kesepakatan resmi antara pemerintah dengan pemerintah biasa kalau bidding ada perjanjian. Nanti baru ikut bidding di FIFA," kata Dito.

Indonesia telah sukses menyelenggarakan ajang Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di empat kota yaitu Surabaya, Solo, Jakarta dan Bandung mulai 10 November hingga 2 Desember lalu.

Pada 4 Desember lalu, FA Singapura telah mengajukan surat resmi kepada PSSI terkait dengan pengajuan diri untuk menjadi tuan rumah bersama pada gelaran Piala Dunia U-20 2025 dan Piala Dunia U-17 dalam rentang waktu 2025-2029.

Baca juga: Tisha: Piala Dunia U-17 momentum PSSI untuk belajar dari FIFA

"Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) telah menandatangani letter of intent untuk membahas dan mempertimbangkan untuk bersama-sama menjadi tuan rumah edisi mendatang Piala Dunia U-20 atau U-17 dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mulai 2025 dan seterusnya," tulis FA Singapura dalam keterangan resmi.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan peluang Indonesia terbuka lebar untuk maju sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2025 ataupun Piala Dunia U-17 2025-2029 mengingat kesuksesan yang telah ditunjukkan di gelaran Piala Dunia U-17 2023.

"Terima kasih Indonesia atas semua prestasi kita sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang telah mendapat apresiasi dunia. Berkat kesuksesan ini, kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2025 dan Piala Dunia U17 2025-2029 terbuka lebar. Dan bismillah kita akan mencoba untuk mencalonkan diri bersama Singapura,” ujar Erick.

Baca juga: Presiden: Piala Dunia U-17 wujudkan citra positif RI di mata dunia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023