Jakarta (ANTARA) - Filipina mengalahkan Indonesia pada bidding tuan rumah Piala Dunia Voli Putra atau Mens World Championships 2025.

Dilansir dari laman resmi Volleyball World, Kamis, Filipina resmi ditunjuk oleh Federasi Voli Internasional (FIVB) untuk menjadi tuan rumah pada kejuaraan Mens World Championships 2025.

"Acara bergengsi ini tidak hanya akan menginspirasi generasi baru atlet tetapi juga akan membantu mendorong peningkatan partisipasi dalam olahraga di semua tingkatan di negara ini dan wilayah yang lebih luas," kata Presiden FIVB Ary Graça.

"Kami yakin bahwa Filipina, didukung oleh program Pemberdayaan Bola Voli inovatif kami, akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia yang luar biasa yang akan meninggalkan warisan abadi dan membantu menumbuhkan masa depan yang lebih cerah untuk olahraga kami secara global," tambah Ary Graca.

FIVB menunjuk Filipina sebagai tuan rumah didasarkan pada tawaran Filipina yang langsung dipimpin oleh pemerintah negara. Selain itu, FIVB menilai Filipina jauh lebih siap karena terdapat kolaborasi antara lembaga pemerintah eksekutif, beberapa departemen administrasi, sekretaris pariwisata, Federasi Bola Voli Nasional Filipina (PNVF) dan pemangku kepentingan swasta.

Baca juga: FIVB tinjau sejumlah venue yang berpotensi untuk Piala Dunia Voli 2025

"Dengan penuh kegembiraan kami mengumumkan Filipina sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Voli Putra 2025," kata CEO Volleyball World, Finn Taylor.

"Keputusan ini menggarisbawahi dedikasi kami untuk memperluas jejak global bola voli dan terlibat dengan penggemar di seluruh dunia. Filipina, dengan rekam jejaknya yang terbukti menjadi tuan rumah acara bola voli besar dan basis penggemar yang bersemangat, berada pada posisi yang baik untuk memberikan kejuaraan luar biasa yang akan menampilkan yang terbaik dari olahraga ini," tambah Finn Taylor.
​​​​​​
Gelaran Mens World Championship 2025 direncanakan akan berlangsung pada 12 hingga 28 September 2025 mendatang dengan diikuti oleh 32 negara di seluruh dunia.

Sebelumnya delegasi FIVB sempat meninjau tiga venue untuk kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yaitu Indoor Multifunctions Stadium, Istora Senayan, dan Tennis Indoor.

Baca juga: Buka 2024, timnas voli Indonesia berada di peringkat 52
Baca juga: 129 tahun silam, olahraga voli pertama kali ditemukan

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024