Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menerima audiensi dari Federation Internationale De Volleyball (FIVB) di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, untuk membahas lebih lanjut rencana Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Voli putra pada 2025 mendatang.

“Hari ini kami menerima audiensi dari FIVB, pertemuan terkait rencana tuan rumah Piala Dunia Voli 2025,” kata Dito, dilansir dari laman resmi Kemenpora, Selasa.

Dito mengatakan, terkait rencana Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Voli putra 2025, FIVB sudah melakukan peninjauan tentang potensi itu yang sudah dilakukan oleh induk federasi voli dunia tersebut pada Maret lalu.

“Ternyata Indonesia masuk dalam negara yang diinvestigasi. Kita tadi dipaparkan mengenai peluang dan juga keuntungan jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia,” ucap Dito.

Menpora berusia 33 tahun itu pun menyambut positif potensi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Voli putra 2025, mengingat menurutnya olahraga voli cukup populer di Tanah Air.

Ia menambahkan, dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia Voli putra 2025, hal ini akan meningkatkan kepercayaan internasional kepada Indonesia, khususnya di bidang olahraga.

“Bapak Presiden menginginkan kepercayaan internasional ini harus ditingkatkan. Jadi tuan rumah Piala Dunia akan menguatkan Indonesia di percaturan internasional, khususnya di dunia olahraga. Prinsipnya, kita menyambut baik dan merasa terhormat, Indonesia dilihat sangat potensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia voli,” ujar pria kelahiran 25 September 1990 itu.

Sementara itu, Volleyball World Chief Business Officer Guido Betti menambahkan, Piala Dunia Voli menjadi rencana strategis untuk mengembangkan olahraga voli di Indonesia.

“Voli merupakan salah satu olahraga dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan tuan rumah dapat memanfaatkan serta mempromosikan olahraga tersebut,” beber Guido.

“Kejuaraan dunia adalah rencana jangka panjang untuk bertransformasi Indonesia ke dalam voli hub global di Asia,” tambahnya.

Piala Dunia Voli putra rencananya akan dilaksanakan di Jakarta pada 17 September-5 Oktober 2025. Selain Indonesia, akan ada Jepang yang juga berencana menjadi tuan rumah dalam ajang tersebut.

Kejuaraan ini akan diikuti 32 negara dari 5 benua dengan total 64 pertandingan yang akan diselenggarakan. Rinciannya 16 tim nantinya akan berlaga di Indonesia dan sisanya akan bermain di Jepang.


Baca juga: PP PBVSI sampaikan rencana menjadi tuan rumah Piala Dunia Voli Putra
Baca juga: Asisten pelatih timnas puas dengan capaian tim voli Indonesia

 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023