Masalah siapa yang terpilih, kita tunggu keputusan TPA sampai di Kementerian BUMN
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan sudah menyerahkan nama calon direktur utama tiga BUMN ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tiga BUMN tersebut adalah MIND ID (Mining Industry Indonesia), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

"Mengingat ketiga BUMN tersebut sangat strategis maka proses pemilihannya melalui TPA. Nama-nama sudah kita serahkan ke TPA," kata Erick Thohir dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Erick Thohir siapkan Dirut baru PT Inalum

Seperti diketahui, kekosongan dirut di MIND ID dan Bank Mandiri lantaran kedua pimpinan perusahaan plat merah tersebut dipercaya Erick Thohir menjadi Wakil Menteri BUMN, yaitu Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo.

Sementara kekosongan pimpinan BTN lantaran usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Suprajarto yang terpilih menyatakan mengundurkan diri.

Erick menjelaskan informasi yang diterima, Presiden Jokowi sudah memilih Dirut Bank Mandiri dan BTN dari nama-nama yang telah diajukan. Untuk MIND ID masih proses internal TPA.

Baca juga: Erick Thohir telah kantongi nama Dirut baru Bank Mandiri

Khusus untuk Dirut Bank Mandiri, ditegaskannya, akan diumumkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 8 Desember 2019.

"Masalah siapa yang terpilih, kita tunggu keputusan TPA sampai di Kementerian BUMN," kata Erick.

Dalam kesempatan ini, Menteri BUMN juga menegaskan pemilihan dirut BUMN strategis dilakukan melalui TPA dengan tujuan agar pemilihan lebih transparan dan memiliki integritas yang tinggi, mengingat keputusan langsung dari tangan Presiden Jokowi.

Baca juga: Erick Thohir usulkan Dirut Mandiri sebagai calon wamen BUMN
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019