Jakarta (ANTARA) - Kopi memang tidak dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, namun mengganti topping pada kopi justru dapat membantu diet Anda terutama bagi pelaku diet keto.

Dilansir dari Times India pada Selasa, pelaku diet keto dapat mengganti gula pada kopi dengan lemak manis seperti ghee atau minyak samin. 

Dengan menambahkan minyak samin pada kopi, maka kopi tidak hanya berasa lebih manis dan gurih, namun juga mengandung gizi yang tidak akan memperbesar ukuran pinggang Anda. 

Selain minyak samin, Anda juga dapat mengganti gula dengan satu sendok makan bubuk kayu manis. Rasanya tidak akan jauh berbeda dengan kopi bergula, karena kayu manis memiliki aroma manis yang alami.

Selain itu, kayu manis banyak memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Kayu manis memiliki bahan aktif yang tidak hanya mampu pencegah peradangan namun juga menurunkan berat badan. 

Jenis rempah manis ini juga dapat menginduksi hormon "kenyang" sehingga mengurangi rasa lapar. 

menggabungkan kayu manis dengan antioksidan alami dalam kafein seperti kopi, dapat membantu membakar sel-sel lemak dengan lebih cepat dan memobilisasi jaringan untuk bekerja melawan obesitas.

Tidak hanya itu, campuran dia zat ini juga mampu melindungi Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

Bila Anda mengkonsumsi kopi dengan takaran dan topping yang tepat, maka kopi dapat bertindak sebagai penekan rasa lapar sehingga Anda akan makan dengan jumlah yang lebih sedikit.


Baca juga: Benarkah diet keto menyehatkan?

Baca juga: Diet keto aman untuk anak? Berikut penjelasannya

Baca juga: Mencicipi camilan sehat brownie dari buah bit

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019