Jakarta,  (ANTARA News) - Timnas Indonesia yang berkekuatan 18 pemain dan tujuh ofisial bertolak ke Oman, Senin, untuk melaksanakan laga perdana grup B ajang Pra Piala Asia 2011.

Indonesia di laga perdana ini akan menghadapi tuan rumah Oman pada tanggal 19 Januari 2009. Namun, manajemen Timnas memandang perlunya bagi para pemain untuk melakukan proses aklimatisasi cuaca sehingga memutuskan berangkat lebih awal.

"Dengan waktu yang cukup panjang, kita punya banyak keuntungan diantaranya, adaptasi terhadap cuaca dan lingkungan di Oman, beruji coba dan melihat penampilan Oman di Piala Teluk 2009,? kata asisten manajer timnas, Chandra Solehan di Jakarta, Senin.

Ponaryo Astaman dkk menggunakan penerbangan EY 471 sekitar pukul 15:10 WIB. Sebelumnya rombongan akan transit di Abu Dhabi yang diperkirakan tiba pukul 20:10.
Dari Abu Dhabi, Timnas menuju kota Muscat, Oman menggunakan penerbangan EY 368 pada pukul 21:55 dan dijadwalkan tiba sekitar pukul 22:50 waktu setempat.

Menurut dia, Timnas berkesempatan menyaksikan pertandingan semi final Piala Teluk 2008, antara Oman vs Qatar pada tanggal 14 Januari.

Timnas Oman yang ditangani pelatih Claude Le Roy ini berhasil menjadi juara grup A dari hasil dua kemenangan dan sekali seri. Oman mengalahkan Iraq 4-0, Bahrain 2-0 dan seri 0-0 menghadapi Kuwait yang juga berada satu grup dengan Indonesia di Pra Piala Asia 2011.

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia, Benny Dollo, tujuh pemain yang tidak terpilih masuk dalam skuat inti timnas telah dikembalikan ke klubnya masing- masing sejak pengumuman pekan lalu.

Setelah pulang dari Oman, menurut dia, pihaknya akan memanggil lagi pemain di luar 18 yang sekarang untuk menghadapi Australia di Jakarta. Indonesia sendiri sudah mendaftarkan 50 pemain untuk Pra Piala Asia 2011 ini.

Pertandingan Oman vs Indonesia yang berlangsung pada tanggal 19 Januari di Muscat menurut rencana akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi RCTI pada pukul 22:30 WIB.

Daftar pemain Timnas:

Kiper: Markus Horison (PSMS), Ferry Rotinsulu (Sriwijaya FC)

Bek: Erol FX Iba (Pelita Jaya), Isnan Ali, Charis Yulianto (Sriwijaya FC), Nova Arianto, Maman Abdurrahman (Persib Bandung), Ismed Sofyan (Persija Jakarta), Ricardo Salempessy (Persipura).

Gelandang: Ponaryo Astaman (Persija Jakarta), Firman Utina Pelita Jaya), M. Roby (Persik Kediri), Arif Suyono (Arema Malang), Hariono (Persib Bandung), Boaz Sallosa (Persipura),Budi Sudarsono (Sriwijaya FC).

Striker: Bambang Pamungkas (Persija Jakarta), T.A Mushafry (Persiba Balikpapan).(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009