Formula 1

Duo Ferrari tercepat di FP2 Grand Prix Brazil

Duo Ferrari tercepat di FP2 Grand Prix Brazil

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Brazil di Sirkuit Jose Carlos Pace, Sao Paulo (15/11/2019) Reuters/Ricardo Moraes

Jakarta (ANTARA) - Sebastian Vettel dan Charles Leclerc membawa Ferrari finis 1-2 di sesi latihan Grand Prix Brazil pada Jumat waktu setempat, sementara Max Verstappen dari Red Bull di peringkat tiga tercepat di Interlagos.

Vettel, juara tiga kali di Brazil, mencetak waktu tercepat satu menit 9,217 detik menggunakan ban soft sedangkan rekan satu timnya lebih lambat 0,021 detik di sesi latihan yang diwarnai sejumlah insiden kecelakaan karena trek yang basah hari itu.

"Saya rasa ini hari yang cukup baik, kami mengerti apa yang dibutuhkan mobil," kata Vettel seperti dikutip Reuters.

"Di balapan akan sulit karena yang lain terlihat sedikit lebih cepat dari kami."

Juara GP Brazil tahun lalu, Lewis Hamilton, mengakhiri sesi latihan sore itu di P5 setelah gagal mencatatkan waktu di sesi latihan pagi.

"Kami sedikit kekurangan kecepatan di lap tunggal namun cukup baik dalam jangka panjang," kata kepala teknik Mercedes James Allison, yang memimpin tim karena Toto Wolff absen di Brazil.

Lima pebalap teratas hanya dipisahkan 0,2 detik, oleh karena itu Valtteri Bottas yakin Mercedes bisa lebih kompetitif di balapan ketimbang melihat hasil latihan.

"Saya rasa baik Ferrari dan Red Bull tampak sangat kuat tapi kami bisa sampai di sana juga," kata Bottas yang finis P4 hari itu.

Sementara di sesi latihan pagi, pebalap Red Bull Alexander Albon menjadi yang tercepat sebelum berganti ban dari intermediate ke slick yang kemudian membawanya menabrak tembok pembatas, mengakhiri sesi FP1 lebih awal.

"Treknya dingin," kata Albon. "Kalian seperti berjalan dengan ujung kaki (karena licin) dan kehilangan suhu rem, jadi itu kurang lebihnya apa yang terjadi."

"Saya menginjak rem dan tak terjadi apa-apa."

Kondisi trek di siang hari lebih baik meski cukup menyulitkan juga, Verstappen dengan satu menit 9,351 menjadi yang terdekat dengan duo Ferrari.

"Hari yang cukup berantakan cuacanya," kata pebalap asal Belanda itu. Dia sempat kehilangan kendali mobilnya di FP1 sebelum Albon.

"Saya kira suhunya tak terlalu representatif."

"Kami harus melihat sisi positifnya. Saya kira mobil ini bekerja dengan baik... start yang positif. Kami akan mulai lagi besok karena cuaca akan berbeda."

Pebalap Toro Rosso Daniil Kvyat mengakhiri sesi latihan siang lebih awal ketika dia kehilangan kendali mobil dan menabrak pembatas. Rekan satu timnya, Pierre Gasly meminggirkan mobilnya setelah mengalami masalah mesin.

Robert Kubica menghabiskan waktu di garasi selama sesi latihan pagi setelah Williams menurunkan Nicholas Latifi, pebalap uji tim, untuk membawa mobil sang pebalap asal Polandia itu.

Kubica gagal mencetak waktu ketika gilirannya turun di latihan setelah mengalami kecelakaan di flying lap pertamanya.

Baca juga: Meski Mercedes telah juara, persaingan masih panas di GP Brasil

Baca juga: Vettel puja puji Hamilton jelang penobatan gelar juara dunia

Baca juga: Ferrari berharap suhu dingin Austin bantu tim berjaya di Grand Prix AS

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar