Brisbane (ANTARA News) - Otoritas imigrasi Australia di Darwin, Australia Utara, masih menahan 39 nelayan Indonesia menyusul penangkapan sebuah kapal ikan berisi 12 orang awak 7 Januari lalu, kata Sekretaris II Fungsi Pensosbud Konsulat RI Darwin, Arvinanto Soeriaatmadja.

"Kita sudah menerima notifikasi penangkapan kapal ikan berawak 12 orang nelayan kita itu Kamis (8/1) lalu," katanya kepada ANTARA News yang menghubungi dari Brisbane, Senin.

Mengenai keikutsertaan para nelayan yang ditahan di Darwin dalam Pemilu 2009, Arvinanto mengatakan, pihaknya masih harus melihat perjalanan proses hukum mereka.

"Bagi mereka yang proses hukumnya berlangsung hingga lebih dari tanggal pelaksanaan Pemilu, kita akan segera mendaftarkan mereka," katanya.

Sejauh ini, jumlah warga negara Indonesia yang sudah masuk daftar pemilih tetap (DPT) Panitia Pemilihan Luar Negeri Darwin tercatat 320 orang.

Mereka tersebar di kota Darwin dan daerah-daerah lain di negara bagian Northern Territory, seperti Palmerston dan Alice Springs, katanya.  

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009