Revolusi industri 4.0 dapat memperbarui sektor manufaktur Indonesia
Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman membeberkan mengenai kesiapan pemerintah dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dengan mempertimbangkan potensi daerah yang ada.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memgatakan itu saat tampil dalam kegiatan bertajuk "Rising Fellowship Programme" di Singapura, 18 hingga 21 November 2019.

“Revolusi Industri 4.0 ini juga bertujuan agar Indonesia dapat mengurangi ketergantungannya terhadap barang-barang luar negeri dan mampu memproduksi produk berkualitas tinggi di negara sendiri,” ujar Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Selasa.

Baca juga: Rektor UGM: Inovasi kunci menangkan kompetisi Revolusi Industri 4.0

Wagub sendiri datang ke kegiatan yang fokus membahas promosi investasi dan transformasi industri di era 4.0 itu atas undangan Pemerintah Singapura.

"Revolusi industri 4.0 dapat memperbarui sektor manufaktur Indonesia dan diharapkan bahwa Indonesia dapat segera meluncurkan inisiatif “Making Indonesia 4.0,” jelasnya.

Andi Sudirman berharap mampu menginspirasi para kepala daerah untuk melakukan langkah yang ditempuh Singapura.

Baca juga: Indonesia dinilai siap masuki industri 4.0 tapi masih ada kendala

“Kunjungan ini diharapkan mampu menginspirasi para kepala daerah untuk juga melakukan hal yang sama meski tentu merupakan tantangan yang berat mengingat populasi warga Indonesia yang jauh lebih banyak dari Singapura,” sebutnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019