Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meraih penghargaan sebagai tokoh ekonomi syariah dalam pagelaran Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019 yang diselenggarakan di JW Marriott, Jakarta, Selasa.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan kepada Direktur Eksekutif Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Suhaedi sebagai perwakilan dari Perry Warjiyo yang berhalangan hadir.

“Salam hangat dari Bapak Gubernur BI yang tidak dapat hadir dalam acara penting hari ini. Penghargaan besar beliau ucapkan untuk Republika yang telah berperan penting dalam mendukung pengembangan ekonomi syariah di Indonesia,” kata Suhaedi.

Acara ASR 2019 diselenggarakan oleh Harian Republika dengan memberikan penghargaan tertinggi kepada tokoh, institusi, dan industri keuangan syariah yang telah berkontribusi aktif dalam membangun ekonomi bangsa dan kebangkitan perekonomian umat.

“Acara ASR ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi antarindustri syariah di Indonesia. Semoga pertemuan ini menguatkan jejaring agar industri syariah semakin kuat,” kata Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi.

Ketua Pelaksana ASR 2019 Elba Damhuri mengatakan gelaran yang bertema Industri Syariah untuk Kebangkitan Perekonomian Umat merupakan sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan industri syariah di tanah air.

“Dilaksanakannya penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemicu pelaku usaha untuk lebih gencar mengembangkan industri syariah di Indonesia,” ujarnya.

Ketua Dewan Juri ASR 2019 Nurhasan Murtiaji menyebutkan kriteria penilaian untuk pemilihan tokoh ekonomi syariah dilakukan melalui tiga cara yaitu metode polling, literatur, dan komparasi.

“Pemenang adalah orang terpilih karena tidak hanya memiliki kiprah nyata di masing-masing bidang namun juga memberikan dampak yang besar bagi masyarakat dan bangsa,” katanya.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Bangka Belitung Ezraldi Rosman, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, Dirjen Pajak Suryo Utomo, Presiden Direktur Adira Insurance Syariah Julian Noor, dan Direktur Utama Baznas Arifin Purwakanata.

Kemudian, Ketua Umum Baznas Bambang Sudibyo, Direktur SDM dan Umum BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz, Direktur Eksekutif KNKS Ventje Rahardjo, Direktur Utama Takaful Arfandi Arief, dan Direktur Eksekutif Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Suhaedi, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019