Sabun halal ala Alyssa Soebandono berbahan dasar madu dan jintan hitam

Sabun halal ala Alyssa Soebandono berbahan dasar madu dan jintan hitam

Alyssa Soebandono di peluncuran Lifebuoy varian Honey & Habatussauda di Jakarta, Rabu (20/11/2019). (ANTARA/Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA) - Aktris Alyssa Soebandono memilih madu dan jintan hitam (habbatussauda) sebagai bahan utama dalam kolaborasi bersama sabun Lifebuoy yang telah mendapatkan sertifikasi halal.

Kolaborasi antara Alyssa dan Lifebuoy menghadirkan sabun varian baru yang terbuat dari kandungan ekstrak dua bahan alami tersebut.

"Kita tahu madu itu banyak khasiat, termasuk menghaluskan kulit," ujar Alyssa dalam peluncuran Lifebuoy varian Honey & Habatussauda di Jakarta, Rabu.

Jintan hitam atau habbatussauda juga jadi bahan yang semakin diminati karena banyak khasiatnya, ujar istri dari Dude Harlino. Belakangan ini orang-orang semakin menyadari keunggulan dari bahan-bahan alami dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk membersihkan tubuh.

"Dari situ, saya terinspirasi bikin kolaborasi yang tidak keluar dari nilai-nilai Islam, memakai bahan alami dan baik untuk kita. Saya ingin keluarga sehat dan terlindung dari kuman," papar Alyssa.

Keutamaan madu dan jintan hitam sudah terbukti di dunia kesehatan. Ustaz Febri Sugianto menjelaskan madu baik untuk dikonsumsi dan bisa digunakan untu kulit karena punya kandungan antibakteri alami.

"Dulu ada dua drum madu ditemukan di piramida Mesir, satu drum penuh madu dan berwarna hitam. Di dalamnya ada anak bayi berusia 4500 tahun. Dulu madu jadi pengawet alami," jelas Febri.

"Di drum kedua, madunya ada setengah dengan warna menghitam pekat. Saat diteliti di Kordoba, peneliti tercengang karena tidak ada satu bakteri pun yang aktif dalam madu tersebut. Ini menjadi dasar bahwa madu itu antibakteri."

Sementara itu, jintan hitam atau Habbatussauda mengandung antioksidan dan anti-inflammatory tinggi. Sejak dulu, jintan hitam diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Maulani Affandi, Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia mengatakan varian baru telah melewati uji produk halal dari mulai penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan dan penyajian rangkaian produk.

Baca juga: Dosen Unud latih peternak olah limbah propolis lebah jadi sabun wangi

Baca juga: Jangan "scrubbing" wajah setiap hari, ini bahayanya

Baca juga: Warga Kediri buat sabun berbahan baku madu

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sabun sarongge dari Cianjur diam-diam mendunia

Komentar