Usung kepraktisan, ini hal yang baru dan seru di Google Assistant

Usung kepraktisan, ini hal yang baru dan seru di Google Assistant

Tangkapan layar Google Assistant. (Google Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Fitur Google Assistant dihadirkan Google untuk membantu pengguna yang mengincar kepraktisan. Pengguna bisa dengan mudah memberi perintah kepada asisten maya ini melalui perintah suara maupun teks.

"Terdapat beberapa pembaruan di Assistant, yang mengedepankan konsep helpful, safe, dan bisa digunakan oleh semua orang, bahkan tanpa koneksi internet," kata Google Assistant Program & NBU Lead, Nimesh Ranjan di acara Google for Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu.

Pada poin helpful, Ranjan mengatakan bahwa saat ini Google telah memperkaya kosa kata Bahasa Indonesia, bahkan juga menambahkan bahasa sehari-hari yang lebih santai.

Lebih lanjut, pengguna juga bisa meminta bantuan Assistant untuk memudahkan pekerjaan mereka melalui berbagai aplikasi dan merek lokal Indonesia seperti Gojek, Bank BCA, dan lainnya.

"Anda bisa pesan makanan dan memeriksa
status pesanan cukup dengan mengucapkan perintah memesan martabak ke Gojek," jelas Ranjan.

"Perintah ini akan langsung memunculkan daftar penjual martabak terdekat, dan Anda bisa langsung melacak pesanannya juga," lanjutnya.

Untuk poin keamanan, pengguna juga bisa menjaga privasinya seperti menghapus history Google Assistant, hanya dengan memberikan perintah sederhana.

Lebih lanjut, Ranjan mengatakan bahwa saat ini Assistant bisa dijangkau oleh pengguna yang tidak memiliki akses internet, bahkan ponsel pintar.

"Selama beberapa bulan terakhir, kami telah melakukan uji coba Phone Line Indosat Ooredoo dengan Asisten Google. Dengan layanan ini, pengguna Indosat dapat menghubungi nomor 696 (bebas pulsa) untuk mendapatkan informasi," kata dia.

Baca juga: Tiga fitur terbaru Google Maps, apa saja?

Baca juga: Google Shopping hubungkan UMKM dengan konsumen

Baca juga: Mendikbud minta Google prioritaskan Indonesia untuk digitalisasi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tokoh pers dan pendidikan Sumatera Utara dijadikan Google Doodle

Komentar