Qom, Iran (ANTARA) - Rencana musuh Iran terpajan selama kerusuhan baru-baru ini di negeri itu, kata seorang imam senior Iran pada Kamis (21/11).

"Musuh menanam modal sangat banyak dan menetaskan rencana untuk menciptakan kerusuhan tapi rencana mereka terbongkar secara bertahap," kata Ayatollah Hossein Nuri Hamdani di Qom, sebagaimana dikutip Kantor Berita Iran, IRNA --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan musuh Iran, termasuk para raja, AS, rejim Zionis dan negara Eropa berusaha menciptakan kerusuhan di negeri tersebut untuk membuat rakyat melancarkan revolusi terhadap negara mereka.

Tokoh agama itu memuji pawai rakyat untuk menentang perusuh.

Kerusuhan dan kekacauan terjadi setelah pengumuman untuk menaikkan harga bahan bakar di Iran.

Kerusuhan oleh sejumlah kecil orang yang telah memanfaatkan protes publik tidak sah untuk menentang rencana pemerintah menaikkan harga gas ditujukan untuk menyulut kerusuhan melalui serangan terarah terhadap harga negara dan pribadi, sehingga memaksa penegak hukum untuk turun-tangan menghentikan penyabot.

Banyak pemrotes hanya terlihat di pusat pertemuan dan menghindari bergabung dengan perusuh dalam serangan sabotase terhadap harta negara dan pribadi.

Sumber: IRNA
 Baca juga: Amnesty International : Kerusuhan Iran tewaskan 100 orang lebih
Baca juga: Iran kecam seruan AS bagi pertemuan DK mengenai kerusuhan
Baca juga: Pemimpin spiritual tuduh ada tangan asing di balik demonstrasi Iran

 

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019