Jakarta (ANTARA/JACX) - Pemilik akun twitter @cintasalsa pada Sabtu (23/11) mengunggah pertanyaan yang ditujukan kepada twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dalam kirimannya, @cintasalsa menanyakan kebenaran kabar, soal jumlah pesaing dalam satu formasi yang dapat diketahui dengan mengacu pada nomor registrasi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. 

Berikut pertanyaan lengkap @cintasalsa:
"Hallo min apakah benar info yang beredar bahwa pesaing kita satu formasi dapat di lihat dari angka terdepan nomer registrasi kita? Terimakasih"

Penjelasan:
Menanggapi pertanyaan tersebut, BKN RI melalui akun twitter @BKNgoid menjelaskan bahwa informasi tersebut merupakan hoaks atau kabar bohong. 

Instansi penyelenggara seleksi CPNS, yang juga di bawah koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) itu, menyebutkan bahwa nomor registrasi dengan jumlah pendaftar dalam satu formasi yang dipilih saat tes CPNS tidak berkaitan.

"#SobatBKN, nomer registrasi pendaftaran #CPNS2019 merupakan nomer acak. Jadi infromasi tersebut hoax ya," terang BKN dalam cuitannya pada Sabtu (23/11). 

Jawaban BKN itu juga mendapatkan respon dari sejumlah pengguna twitter lainnya. Salah satunya pemilik akun @ratih_hidayah, yang mengaku sempat percaya dengan informasi soal nomor registrasi tersebut.

"Wah kirain beneran. Syukur deh kalo gt, kalo mau ngasih tau pesaingnya brapa mending blak2an aja, jangan hidden" Ya min," ujar @ratih_hidayah. 

Klaim : Nomor registrasi menjadi penentu jumlah pesaing dalam formasi yang dipilih saat CPNS 2019
Rating : Salah/Disinformasi
 
Tangkapan layar konfirmasi BKN soal hoaks CPNS 2019 (Istimewa)

Cek fakta: Pelamar CPNS penyandang disabilitas sepi peminat

Cek fakta: Ombudsman RI Jakarta Raya buka layanan pengaduan seleksi CPNS 2019

Cek fakta: Kemenpan-RB turunkan nilai kelulusan penerimaan CPNS 2019



 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2019