Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Filipina Lea Salonga dipastikan tidak akan tampil menyanyikan lagu tema SEA Games 2019 berjudul “We Win As One” pada pembukaan yang akan digelar di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu (30/11) malam.

Para penggemar penyanyi “A Whole New World “ itu pun telah menanti agar bisa menyaksikan Lea Salonga tampil di acara pembukaan pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut. Namun, Salonga melalui akun twitternya @MsLeaSalonga, Senin menyatakan bahwa ia sudah mempunyai agenda lain pada 30 November.

Baca juga: Gedung Indoor terbesar dunia jadi saksi pembukaan SEA Games 2019

“Saya berangkat dengan pesawat jet ke Singapura besok dan akan mulai 14 pertunjukan Sweeney yang akan berlangsung pada Kamis malam. Ini berarti saya tidak akan tampil di upacara pembukaan SEA Games pada Sabtu. Saya tidak akan kembali ke Filipina hingga Sweeney ini selesai,” tulis Lea Salonga melalui akun twitternya.

Ia mengatakan bahwa jadwal Sweeney di Singapura itu sudah tertulis dalam kalender turnya sejak beberapa bulan lalu, sehingga ia terpaksa menolak permintaan panitia penyelenggara SEA Games 2019 untuk tampil di malam pembukaan.

Salonga akan tampil dalam sebuah drama musikal bertajuk "Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street" di Marina Bay Sands, Singapura pada 28 November hingga 8 Desember.

Baca juga: Ridjkie Mulia pembawa bendera Merah Putih di pembukaan SEA Games 2019

Pernyataan Salonga itu datang di tengah kecaman yang meningkat atas kurangnya persiapan lembaga penyelenggara SEA Games, mulai dari masalah transportasi dan penginapan atlet, hingga infrastruktur yang belum rampung di beberapa venue olahraga.

Sejak saat itu, Panitia Penyelenggara Pesta Olahraga Asia Tenggara Filipina (PHISGOC) pun meminta maaf dan berjanji untuk menyiapkan segalanya lebih baik lagi.

Baca juga: Dipertanyakan, Rp13,8 miliar untuk kaldron SEA Games Filipina

Lagu "We Win As One" ditulis oleh Floy Quintos dan digubah oleh Ryan Cayabyab, untuk kemudian dinyanyikan oleh Salonga. Lagu tersebut menceritakan tentang persahabatan antarnegara ASEAN di tengah persaingan.

Video musik dari lagu tersebut dirilis pada Oktober lalu menunjukkan Lea Salonga yang tengah bernyanyi, diselingi dengan beberapa adegan atlet dari berbagai cabang olahraga.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019