Ciputra sosok panutan bagi pengembang nasional

Ciputra  sosok panutan bagi pengembang nasional

Pengusaha Ciputra (tengah) FOTO ANTARA/Zaki/ED/ama/09 (ANTARA/ZAKI)

Ciputra adalah role model, teladan. Saya pikir sudah jarang ada sosok seperti ini
Jakarta (ANTARA) - Tokoh properti nasional Ciputra yang meninggal dunia di Singapura, Rabu, merupakan sosok panutan yang layak diteladani oleh kalangan pengembang dan pelaku usaha sektor properti nasional yang ada pada saat ini.

"Ciputra adalah role model, teladan. Saya pikir sudah jarang ada sosok seperti ini," kata Head of Research & Consultancy Savills Indonesia (konsultan properti) Anton Sitorus, kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Menurut Anton, Ciputra merupakan pengusaha di bidang properti yang mengetahui visi yang kuat, dan mengetahui kapan untuk bertindak konservatif dan tidak selalu agresif dalam memasarkan propertinya.

Dengan kata lain, ujar dia, Ciputra melalui perusahaannya Ciputra Group tidak jor-joran, tetapi tetap memberikan konsisten dalam sejumlah aspek seperti penyelesaian dan kualitas properti yang dibangunnya.

Anton juga mengingatkan bahwa Ciputra Group dikenal bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di sejumlah negara tetangga seperti di Vietnam dan Singapura.

"Ciputra expand (berekspansi) di Singapura sejak tahun 80-an awal. Proyek yang dibangunnya juga ada di lokasi prestisius Singapura seperti di sekitar daerah Marina Bay," katanya.

Selain itu, masih menurut dia, pembangunan properti oleh Ciputra kerap memperhatikan aspek keberlanjutan di daerah-daerah atau sekitar kawasan lokasi properti itu.

Ia juga mengingatkan bahwa Ciputra telah lama dikenal sebagai pribadi yang sangat mendorong kewirausahaan bangsa Indonesia, di mana hal tersebut dapat dibuktikan dengan dibangunnya pusat inkubasi start up (usaha rintisan) yang terletak di kawasan Ciputra World yang terletak di sekitar Jalan Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan.

Ciputra, lanjut Anton, adalah sosok di dunia properti yang tidak terlalu memikirkan aspek profitabilitas tetapi menjunjung tinggi segi sosial dan kewirausahaan.

Ciputra meninggal dunia pada usia ke-88. Pendiri Ciputra Group itu menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 01.05 waktu Singapura, Rabu (27/11).

Sebelumnya, kabar meninggalnya Ciputra yang juga pelopor industri properti nasional tersebut disampaikan oleh Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari.

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapura pada tgl 27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapura. Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini,” demikian pesan singkat yang diterima Antara, di Jakarta.

Rika menjelaskan, untuk sementara jadwal pemakaman belum diinformasikan. "Kami masih menunggu informasi pemberangkatan jenazah dari Singapura ke Indonesia," ujar Rika.


Baca juga: Ciputra meninggal, Saleh Husin: Banyak karya prestisiusnya
Baca juga: Ciputra meninggal, sekelumit perjalanan hidup dan bisnisnya
Baca juga: Pengusaha nasional Ciputra tutup usia

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KILAS BALIK 2019 - November: Aksi terorisme di Medan hingga kelezatan Indomie yang mendunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar