Liga Prancis

Reine-Adelaide naikkan Lyon ke posisi empat usai tekuk Strasbourg

Reine-Adelaide naikkan Lyon ke posisi empat usai tekuk Strasbourg

Pemain Lyon merayakan gol kedua mereka yang dicetak Jeff Reine-Adelaide ke gawang tim tuan rumah, Strasbourg, pada laga pekan ke-15 Liga Prancis di Stadion Meinau, Jumat (30/11/2019). ANTARA/AFP/Patrick Hertzog.

Jakarta (ANTARA) - Pengaruh Jeff Reine-Adelaide terus membesar di Olympique Lyonnais setelah dia mencetak gol penentu kemenangan 2-1 timnya dalam pertandingan Ligue 1 melawan Racing Strasbourg di Stadion Stade de la Meinau Sabtu waktu setempat yang membuat Lyon melejit ke posisi empat klasemen.

Gelandang Reine-Adelaide yang bergabung dari Angers pada penutupan musim itu menjaringkan gol pada 15 menit menjelang tutup laga setelah Maxwel Cornet menyamakan gol pembuka Youssouf Fofana untuk Strasbourg pada babak pertama.

Reine-Adelaide sudah terlibat dalam empat gol Lyon dalam empat pertandingan liga terakhir masing-masing dengan dua gol dan dua assist.

Kemenangan itu membuat Lyon kini mengoleksi 22 poin atau terpaut dua poin dari Angers (24) yang berada pada posisi ketiga dan baru melakoni laga ke-15 pada Minggu dini hari WIB, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Sepanjang babak pertama, permainan kedua tim berjalan imbang yang masing-masing tim mencatatkan dua sepakan mengarah gawang yang satu untuk masing-masing peluang itu berbuah gol.

Baca juga: Villas-Boas sempat ketar-ketir karena gempuran menit-menit akhir Brest

Lyon mendapat peluang pertama lewat sundulan Marcelo pada menit ke-8 berawal dari tendangan bebas Maxwel Cornet ketika bola mengarah ke kepala Maxwel namun menyamping di gawang Strasbourg.

Semenit berselang Maxwel yang melepaskan sepakan di sisi kanan gawang, masih bisa diamankan kiper tuan rumah, Matz Sels.

Dikurung Lyon, Strasbourg unggul terlebih dahulu lewat sepakan mendatar Youssouf Fofana pada menit ke-21. Berawal dari serangan balik Ludovic Ajorque yang bergerak di sisi kiri dengan memberikan umpan matang yang tinggal diceploskan Fofana.

Enam menit menjelang paruh pertama usai, Maxwel Cornet menyamakan kedudukan 1-1 setelah memanfaatkan emelut di depan kotak penalti Strasbourg. Skor imbang bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, permainan kedua tim cenderung santai dan tak terburu-buru melakukan serangan. Lyon sempat mendapatkan kesempatan pertama lewat sepakan Lukas Tousart, namun tendangan di luar kotak penalti terlalu melebar.

Baca juga: Marseille pangkas jarak dari puncak usai tundukkan Brest

Marcelo hampir membuat tim tamu unggul. Sundulannya menerima umpan silang Maxence Caqueret masih lemah dan bisa diamankan kiper Strasbourg.

Strasbourg mencoba mendominasi laga namun ketika bola masuk ke kotak penalti Lyon selalu menjadi percuma ketika beberapa kali melepaskan sepakan di luar kotak penalti namun tak kunjung menemukan arah.

Lyon berbalik unggul 2-1 pada menit ke-74 ketika Jeff Reine-Adelaide mengonversi umpan silang Maxwel Cornet di sisi kiri gawang Strasburg menjadi gol. Hingga pertandingan berakhir skor 2-1 untuk kemenangan Lyon tetap bertahan.

Lyon selanjutnya akan menjamu Lille di kandang dalam laga tengah pekan nanti, sementara Strasbourg akan melawat ke Brest.

Baca juga: Verratti absen lawan Monaco karena cedera

Susunan pemain:

Strasbourg:
Matz Sels; Mohamed Simakan, Anthony Caci, Stefan Mitrovic, Kenny Lala; Dimitri Lienard, Youssouf Fofana (Da Costa), Adrien Thomasson (Bellegarde), Alexander Djiku; Lebo Mothiba (Zohi), Ludovic Ajorque.
Pelatih: Thierry Laurey

Lyon: Anthony Lope; Marcelo, Kenny Tete, Youssouf Kone (Leo Dubois 66' - Rafael 83'), Jason Denayer; Lucas Tousart, Maxence Caqueret, Jeff Reine-Adelaide; Cornet, Martin Terrier, Moussa Dembele.
Lyon: Rudi Garcia

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar