Terapung di sungai, korban hanyut di Jember ditemukan tim SAR

Terapung di sungai, korban hanyut di Jember ditemukan tim SAR

Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban hanyut di Sungai Bondoyudo, Kabupaten Jember, Jatim, Selasa (3/12/2019) sore. (ANTARA/HO-Basarnas Pos SAR Jember)

Tim SAR gabungan menemukan Arif terapung di lokasi yang berada di koordinat 8° 13' 57" S - 113° 18' 44", kemudian jenazahnya dievakuasi ke Puskesmas Padomasan dan diserahkan ke Polsek yang selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Tim SAR gabungan menemukan korban Arif Andi Tri Saputra (23) yang hanyut di Sungai Bondoyudo dalam kondisi meninggal dunia setelah dilakukan dua hari pencarian dan jasadnya terapung di sungai setempat.

"Tim SAR gabungan telah berupaya mencari keberadaan korban di Sungai Bondoyudo sejak dilaporkan hilang terseret arus sungai di Sungai Bondoyudo pada Senin (2/12) dan Alhamdulillah sudah ditemukan pada Selasa (3/12) sore," kata Koordinator Pos SAR Jember Asnawi Suroso di Jember, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya mengerahkan empat SRU (Search and Rescue Unit) yang terdiri atas tiga SRU melakukan pencarian di sungai dengan menggunakan perahu dan satu SRU melakukan penyisiran di darat.

"SRU satu, dua dan tiga melakukan penyisiran sungai secara estafet dimulai dari lokasi tenggelamnya korban dengan menggunakan tiga set perahu karet yang dilengkapi dengan mesin motor tempel," katanya.

Kemudian SRU empat bergerak melakukan penyisiran dari lokasi tenggelamnya korban menuju ke daerah Jembatan Bajul, dengan jarak tempuh penyisiran sungai sekitar 3,9 kilometer.

"SRU dua melanjutkan upaya penyisiran sungai dari daerah Jembatan Bajul menuju ke daerah Kebonsari dengan jarak tempuh sekitar 1,1 km dan SRU tiga bergerak menyisir ke arah sebaliknya, yakni dari daerah Kebonsari kembali menuju ke lokasi kejadian, dengan jarak tempuh sekitar 5 kilometer," katanya.

Disela-sela penyisiran, lanjut dia, SRU satu, dua dan tiga melakukan manuver perahu di beberapa lokasi yang dicurigai dengan tujuan menciptakan gelombang air yang besar, sehingga korban yang diduga berada di dasar sungai akan dapat terangkat ke permukaan.

"Pada saat yang bersamaan, SRU empat melakukan pemantauan darat di sepanjang aliran sungai Bondoyudo dan informasi tentang kejadian tenggelamnya korban pun disebarluaskan kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai," ujarnya.

Asnawi mengatakan upaya pencarian korban di Sungai Bondoyudo melibatkan peran banyak pihak, di antaranya Tim operasi Pos SAR Jember, BPBD Jember, BPBD Lumajang, Polsek Kencong, Koramil Kencong, SAR OPA Jember, Kamla Puger, PMI Jember, Balkom Kencong, SAR MTA, SKD Sidorejo serta masyarakat sekitar.

"Tim SAR gabungan menemukan Arif terapung di lokasi yang berada di koordinat 8° 13' 57" S - 113° 18' 44", kemudian jenazahnya dievakuasi ke Puskesmas Padomasan dan diserahkan ke Polsek yang selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga," katanya.

Setelah korban hanyut di Sungai Bondoyudo sudah ditemukan maka operasi SAR resmi ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing-masing, demikian Asnawi Suroso.

Baca juga: Tim SAR temukan korban tenggelam di Pantai Payangan Jember

Baca juga: SAR temukan jenazah korban longsor Gunung Kapur Sadeng Jember

Baca juga: SAR temukan jenazah pelajar terseret ombak payangan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar