Jakarta (ANTARA) - Sundulan Allan Saint-Maximin pada 15 menit pertama babak pertama dan gol kontroversial Jonjoy Shelvey mengantarkan Newcastle United menang meyakinkan 2-0 atas Sheffield United dalam pertandingan Liga Premier, Kamis (Jumat pagi WIB).

Saint-Maximin sang penyerang dari Prancis membawa tim tamu unggul pada menit ke-16 yang digandakan Shelvey pada menit ke-70 setelah Andy Carroll awalnya dinyatakan offside tetapi pemeriksaan VAR menunjukkan tidak offside.

Review VAR memastikan Carroll tidak offside tetapi Shelvey bergerak cepat dan membawa bola guna melewati hadangan kiper Dean Henderson setelah hakim garis mengangkat benderanya dan para bek tim tuan rumah melanjutkan bertanding setelah keputusan wasit di lapangan.

Baca juga: Manchester City gagal pangkas jarak usai ditahan imbang Newcastle 2-2

Baca juga: Sheffield tahan imbang United 3-3 melalui laga dramatis


Gol kedua Newcastle kemungkinan bakal memperkeras debat penggunaan VAR. Penjaga gawang Newcastle Martin Dubravka menjadi bintang lapangan karena beberapa kali mementahkan upaya gol The Blades.

Saint-Maximin menyambut umpan Javier Manquillo ketika Dubravka terus membuat tim tuan rumah frustrasi, setelah mementahkan peluang bersih Oliver McBurnie dan Enda Stevens sebelum menghalau tendangan bebas yang deras meluncur dari kaki Oliver Norwood.

Dubravka kembali menghalau sundulan jarak dekat McBurnie, sebelum Shelvey memanfaatkan kemelut untuk memastikan kekalahan pertama Sheffield United dalam pertandingan liga dalam delapan laga dan sekaligus mengerek Newcastle ke papan tengah, demikian Reuters.

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019