KPK akan gelar peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019

KPK akan gelar peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019

Dari kiri ke kanan. Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa, Ketua KPK Agus Rahardjo, dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat jumpa pers terkait peringatan Hakordia 2019 di gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/12/2019). (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Ini akan banyak kegiatan yang kami lakukan tetapi poin utamanya, harapan kami antikorupsi itu menjadi agendanya banyak pihak, semua instansi pemerintah maupun masyarakat semuanya, seluruh komponen bangsa, ucap Agus
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 dengan tema "Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju".

"Ini akan banyak kegiatan yang kami lakukan tetapi poin utamanya, harapan kami antikorupsi itu menjadi agendanya banyak pihak, semua instansi pemerintah maupun masyarakat semuanya, seluruh komponen bangsa," ucap Ketua KPK Agus Rahardjo saat jumpa pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat.

Agus menyatakan rangkaian peringatan Hakordia 2019 dimulai pada Jumat ini melalui acara Festival Suara Antikorupsi (SAKSI) yang digelar di pelataran halaman Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

"Kalau hari ini adalah puncak acara festival suara antikorupsi, antara lain nanti akan digelar di depan (gedung KPK), juga banyak festival dan penjurian dari berbagai macam seni yang diselenggarakan oleh KPK," ucap Agus.

Baca juga: Tim internal prioritaskan pegiat antikorupsi untuk Dewas KPK

Selanjutnya, kata dia, puncak peringatan Hakordia 2019 akan digelar pada Senin (9/12).

"Kemudian puncak peringatan Hakordia sendiri akan kami lakukan 9 Desember. Sedikit mohon maaf kalau Hakordia itu sebetulnya selalu diselenggarakan di Hotel Bidakara. Kali ini kami selenggarakan sedikit lebih sederhana karena diselenggarakannya di gedung KPK tetapi tidak mengurangi semangat itu," tuturnya.

Dalam puncak peringatan Hakordia itu, kata dia, KPK juga menggelar acara "KPK Mendengar".

Baca juga: BPS: perilaku anti korupsi Indonesia naik tipis

"Setelah pembukaan di pagi hari, nanti kita juga akan ada acara mudah-mudahan narasumbernya bisa hadir semua yang kita undang itu, semacam 'KPK Mendengar'. Jadi, supaya kemudian yang diharapkan banyak pihak terhadap KPK ini dengan 'KPK Mendengar' kita juga bisa menentukan arah ke depan terutama untuk pimpinan baru. Mudah-mudahan pesan itu juga bisa dibawa," kata dia.

Terkait hal tersebut, kata dia, KPK juga turut mengundang pimpinan KPK periode 2019-2023.

"Kami pun kalau tidak salah juga mengundang pimpinan baru yang nanti akan menjabat di KPK juga kami undang," ujar Agus.

Baca juga: Datangi MK, pimpinan KPK ajukan "judicial review" UU KPK

Selama rangkaian Hakordia 2019, KPK juga turut mengundang semua stakeholder.

"Kami semua juga undang stakeholder baik dari pemerintahan kemudian banyak rekan-rekan dari LSM dan juga media massa banyak kami undang, mungkin beberapa tokoh juga diundang," ucap Agus.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BPJSTK Batam Nagoya komitmen bebas korupsi

Komentar