Jakarta (ANTARA) - Legenda sepak bola Jerman Jurgen Klinsmann menginginkan klubnya Hertha Berlin meneladani Liverpool di tengah upaya dia menyulap klub ibu kota Jerman itu menjadi salah satu klub elite Eropa.

Berlin tidak pernah tampil pada Liga Champions sejak 2000, padahal klub-klub ibu kota negara-negara Eropa dari Prancis, Italia, Spanyol dan Inggris selalu berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Ditunjuk masuk dewan pengawas klub pada awal November dan diangkat sebagai pelatih sementara pekan lalu di tengah ancaman degradasi, Klinsmann mengutarakan visinya untuk Hertha dalam wawancara dengan DAZN.

"Berlin merindukan sesuatu terjadi di sini saat ini pada masa mendatang," kata mantan pelatih timnas AS itu. "Orang-orang itu mengandalkan klub ini dan menaikkan posisinya di Eropa cepat atau lambat."

Baca juga: Eintracht gagalkan kemenangan perdana Klinsmann bersama Hertha

"Saya percaya bahwa identifikasinya bisa seperti atau mungkin sudah seperti Anda rasakan pada Liverpool ketika dialami Liverpool."

Namun pemilik stadion raksasa Olympiastadion yang dibangun di ibu kota Jerman itu yang awalnya diabdikan untuk Olimpiade 1936 dan dipermak untuk Piala Dunia 2006 itu tidak membantu upaya Hertha membangun basis pendukung di Berlin. Padahal Klinsmann ingin mengubahnya.

"Saya yakin warga kota Berlin di lubuk hati terdalamnya ingin melihat Hertha Berlin suatu hari nanti memiliki stadion sendiri," sambung Klinsmann dalam laman ESPN.

"Ini kota yang besar sekali, tak ada yang membantah. Banyak kemungkinan. Ini ibu kota kita. Harus dimulai."

Baca juga: Jurgen Klinsmann balik ke Bundesliga kelola Hertha Berlin

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019