SEA Games 2019

Kemenpora tak menduga Indonesia lampaui target emas SEA Games 2019

Kemenpora tak menduga Indonesia lampaui target emas SEA Games 2019

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto. ANTARA/Asep Firmansyah.

Manila, Filipina (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak menduga kontingen Indonesia mampu melampaui target 45 medali emas yang ditetapkan Menpora Zainudin Amali pada SEA Games 2019.

Sampai Minggu, pukul 12.00 waktu setempat, Indonesia sudah mengumpulkan 56 medali emas, 52 medali perak dan 66 medali perunggu, yang membuat kontingen Merah Putih berada di posisi kedua klasemen perolehan medali sementara SEA Games 2019.

Baca juga: Peringkat perolehan medali hingga menjelang hari ke-delapan

“Pencapaian yang di luar dugaan itu tentu saja membuat kami sangat senang. Padahal tadinya 45 medali emas itu target bersih. Kalau tanpa margin eror, kan, 51 medali emas,” ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto di World Trace Center, Manila, Filipina, Minggu.

Menurut Gatot, kontingen Indonesia sangat mungkin untuk mencapai target 60 medali emas SEA Games 2019 dari Presiden Joko Widodo.

Apalagi, masih banyak pertandingan perebutan medali yang belum dipertandingkan seperti bulu tangkis, dayung, atletik, renang dan sepak bola.

“Semoga target dari Presiden Joko Widodo untuk berada di peringkat kedua SEA Games 2019 bisa terwujud,” tutur Gatot.

Terkait hitung-hitungan medali, pihak Kemenpora memperkirakan minimal 60 medali emas menjadi jumlah paling aman bagi kontingen Indonesia untuk menjadi ‘runner up’ SEA Games 2019.

“Saat ini belum aman. Saya pribadi sangat memerhatikan Thailand yang jumlah medalinya melonjak tinggi. Apalagi masih banyak pertandingan yang belum dipertandingkan,” tutur Gatot.

Perolehan sementara medali emas Indonesia di SEA Games 2019 jauh lebih baik daripada catatan di SEA Games 2017, di mana Indonesia hanya mendapatkan 38 medali emas, 63 perak dan 90 perunggu.

Baca juga: Medali kontingen Indonesia lampaui target Menpora

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kilas Balik 2019 - Desember: Dari prestasi Indonesia di SEA Games 2019 hingga peresmian tol pertama Kalimantan

Komentar