Jakarta (ANTARA) - Seorang penulis lima buku terlaris di New York Times sekaligus perintis bidang kedokteran fungsional dan integratif, Dr. Frank Lipman punya resep sederhana tetap sehat seiring bertambahnya usia.

"Pada dasarnya, kurangi makan, lebih banyak tertawa, atasi stresmu, tidurlah cukup. Apa lagi yang penting?" kata dia Lipman dalam podcast (episode program berupa video atau audio yang tersedia di internet) baru-baru ini, seperti dilansir Medical Daily.

Menurut dia sedikit stres sebenarnya baik untuk Anda, yang salah satunya bisa dari kesulitan fisik seperti saat berpuasa dan olahraga intensitas tinggi.

Intinya, tubuh Anda sedikit ditekan agar dapat menangani stres yang lebih besar dengan lebih baik. Tetapi, jangan sampai membuat tubuh kelaparan.

Hal lainnya, bukan hanya tentang berolahraga lebih banyak, meskipun itu selalu merupakan ide yang bagus. Kuncinya, mendorong tubuh Anda bergerak namun jangan sampai menyebabkan cedera.

Terakhir, menurut Lipman menilai pentingnya tidak menganggap hidup terlalu serius, sebaliknya bersenang-senanglah.

Saat ini, semua orang terlalu sibuk dengan angka dan metrik sehingga mudah melupakan bagaimana menikmati hal-hal yang terjadi. Makan lebih sedikit dan lebih banyak tertawa. Hidup Anda akan semakin baik, demikian kata Lipman.

Baca juga: Tetap sehat kala musim hujan, simak kiat ini

Baca juga: Atasi stres dengan corat coret

Baca juga: Percaya diri dbisa atasi stress

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019