Jakarta (ANTARA News) - Doa Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga (Meneg Pora) Adhyaksa Dault menjadi penutup demo massa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengecam Israel yang berlangsung di depan Kedubes Amerika Serikat (AS) pada pukul 16.30 WIB.

Adhyaksa Dault yang merupakan kader PKS tersebut menyampaikan doa sekitar 10 menit diikuti massa PKS dengan khusyuk setelah usai kemudian mereka membubarkan diri

Hingga pukul 17.00 WIB, masih terlihat gelombang massa yang membubarkan diri dengan berjalan ke arah Masjid Istiqlal dengan melalui Jalan Medan Merdeka Timur.

Sementara itu massa PKS dari berbagai daerah luar Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tengerang, Bekasi mulai meninggalkan Jalan Merdeka dengan menggunakan bis.

Lalu lintas dari arah Thamrin yang hendak ke Jalan Merdeka Selatan ataupun dari arah Tugu Tani ke arah Tanah Abang yang sebelumnya di alihkan melalui Jalan Merdeka Barat mulai dibuka kembali.

Aksi demonstrasi di depan Kedubes AS yang berlangsung sejak pukul 15.00 itu diramaikan dengan orasi-orasi dari para tokoh PKS, termasuk Presiden PKS Tifatul Sembiring.

Dalam orasinya mereka melontarkan kecaman terhadap Israel dan dukungan terhadap perjuangan Palestina selain itu para orator juga mengecam AS yang membiarkan agresi Israel.

Aksi massa PKS yang dimulai di Bundaran HI ini berlangsung secara tertib namun demikian saat melakukan long march di Jalan Thamrin sempat melumpuhkan lalu lintas di jalan itu tersebut.

Puluhan ribu orang yang mengenakan kaos putih bertuliskan "PKS" itu berangkat dari Bunderan Hotel Indonesia mulai pukul 14.00 WIB untuk menuju Kedubes AS di Jalan Merdeka Selatan. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009