Anti Hoax

Mendikbud Nadiem hapus Ujian Nasional mulai 2021, benarkah?

Mendikbud Nadiem hapus Ujian Nasional mulai 2021, benarkah?

Tangkapan layar hoaks soal penghapusan UN (Instagram)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Wacana penghapusan Ujian Nasional mulai santer diberitakan media usai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar” di Jakarta, pada Rabu (11/12) pagi. 

Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut meliputi perubahan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Dari terobosan-terobosan yang ditawarkan, poin soal UN paling banyak mendapatkan sorotan dari kalangan pendidik, tokoh masyarakat, hingga publik.

Tak butuh waktu lama, narasi soal penghapusan UN kemudian muncul selang beberapa jam usai konsep "Merdeka Belajar" diumumkan. Narasi itu, salah satunya, dapat ditemukan dalam kiriman sebuah akun Instagram dengan 958 ribu pengikut.

Pada Rabu (11/12) malam, akun tersebut mengunggah gambar Mendikbud Nadiem Makarim berkacamata serta berkemeja putih, yang juga terlihat membelakangi sejumlah orang dengan warna baju senada dengannya.

Unggahan akun Instagram yang telah disukai 70.167 orang hingga Senin (16/12) itu, juga menunjukkan Mendikbud Nadiem yang sedang duduk menghadap sebuah mikrofon. Sembari mengangkat satu tangannya, mantan CEO Gojek itu terlihat seolah sedang memberikan penjelasan dalam sebuah pertemuan. 

Potret Nadiem tersebut turut disertai tulisan "Sah! Mendikbud Nadiem Makarim umumkan Ujian Nasional (UN) resmi dihapus mulai tahun 2021".

Penjelasan

Dari informasi yang dihimpun ANTARA, unggahan foto Mendikbud Nadiem Makarim yang memuat narasi soal penghapusan UN tersebut, ternyata juga dapat ditemukan di media sosial Facebook pada 11 hingga 14 Desember 2019.

Faktanya, potret Mendikbud itu diambil dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, @kemdikbud.ri, yang diunggah pada 24 Oktober 2019.

Dalam keterangannya, akun @kemdikbud.ri menjelaskan bahwa Mendikbud pada foto tersebut sedang memimpin rapat pimpinan tingkat kementerian untuk pertama kali di hari keduanya sebagai menteri.

Sementara itu, tulisan "Sah! Mendikbud Nadiem Makarim umumkan Ujian Nasional (UN) resmi dihapus mulai tahun 2021" merupakan hasil editan yang ditambahkan pemilik akun Instagram.

Menanggapi ramainya narasi yang menyatakan bahwa Ujian Nasional akan dihapus, Mendikbud Nadiem kemudian angkat bicara. 

Dalam berita Antara berjudul "Mendikbud tegaskan UN tidak dihapus", Nadiem menegaskan bahwa UN tidak dihapus. Namun, mulai 2021 UN akan diganti jadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai 2021, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Pelaksanaan ujian tersebut akan dilakukan oleh siswa yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Hasil ujian ini tidak digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang selanjutnya.

Klaim: Mendikbud Nadiem hapus Ujian Nasional mulai 2021
Rating: Salah/Disinformasi
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Mendikbud Nadiem Makarim memimpin rapat pimpinan (rapim) tingkat kementerian untuk pertama kali di hari keduanya sebagai menteri, pada Kamis sore, (24/10/2019). Rapim dihadiri oleh para pejabat eselon 1 dan 2 di lingkungan Kemendikbud. Setiap pejabat eselon 1 diberikan waktu selama 15 menit untuk memaparkan program dan kebijakan di unit kerjanya masing-masing. . Sebelumnya, dalam sambutan pertamanya sebagai Mendikbud kemarin (23/10/2019), ia mengatakan akan menjadi murid di Kemendikbud. “Saya di sini bukan untuk jadi guru, tapi jadi murid. Saya mulai dari nol di (bidang) pendidikan. Tapi selama ini saya sudah mempersiapkan diri. Jadi banyak PR yang sudah saya kerjakan,” tuturnya. . Ia juga meminta kesabaran para pejabat eselon 1 Kemendikbud dalam menjadi guru bagi dirinya selama mengemban tugas sebagai Mendikbud. “Saya murid yang cukup baik, dan saya belajar cepat,” katanya. . #Kemendikbud #Mendikbud #NadiemMakarim #KabinetIndonesiaMaju . Foto: @jilanrifai

A post shared by Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri) on


Baca: Mendikbud sampaikan empat pokok kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar"
Baca: Kebijakan "Merdeka Belajar" diharapkan tingkatkan kualitas SDM


 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ketua Komisi X DPR kabarkan UN ditiadakan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar