PLN siapkan daya 2,1 MW layani terminal baru Bandara Timika

PLN siapkan daya 2,1 MW layani terminal baru Bandara Timika

Terminal penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika, Selasa (17/12/2019). ANTARA/Evarianus Supar/aa.

Timika (ANTARA) - Manajemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika telah menyiapkan daya sebesar 2,1 megawatt untuk melayani gedung terminal penumpang baru Bandara Mozes Kilangin Timika.

Manajer PLN UP3 Timika Hotman Ambarita di Timika, Selasa, mengatakan pemasangan jaringan listrik ke terminal baru Bandara Mozes Kilangin Timika yang berada di sisi selatan bandara saat ini telah dilakukan sekitar dua bulan lalu.

"Sudah sekitar dua bulanan kami sudah pasang 2,1 mega untuk kebutuhan listrik di Bandara baru Mozes Kilangin. Sudah tentu kebutuhan listrik di bandara baru nanti semakin besar apalagi informasinya akhir tahun ini gedung terminal bandara baru Timika sudah bisa difungsikan," kata Hotman.

Selain itu, katanya, permintaan pemasangan daya listrik terbesar untuk menunjang perhelatan PON XX tahun 2020 di Timika yang diperkirakan sekitar 5 megawatt.

Kebutuhan daya listrik terbesar yaitu di Mimika Sport Compleks yang mencakup gelanggang olahraga atletik (stadion outdor), stadion indor untuk pertandingan basket dan wisma atletik yang ditaksir sekitar 2 megawatt.

Adapun untuk stadion futsal (digunakan untuk pertandingan futsal dan bola tangan), stadion biliard, panjat tebing dan wisma atletik yang keseluruhannya terletak di ruas jalan poros SP2-SP5 Timika ditaksir sekitar 3 megawatt.

"Kami sudah ada perencanaan terkait kebutuhan daya listrik untuk venue-venue PON. Yang terbesar untuk Mimika Sport Compleks, mereka minta sekitar 2 mega. Yang lain-lain sekitar 3 mega. Namun demikian di lokasi-lokasi itu tetap harus disiapkan genset untuk memback-up," ujarnya.

Pihak PLN Timika merasa optimistis seluruh kebutuhan daya listrik termasuk untuk menunjang penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di klaster Mimika bisa terpenuhi, sebab Pembangkit Listrik Tenaga Minyak Gas/PLTMG Pomako berkapasitas 10 MW sudah rampung dikerjakan.

"Untuk PLTMG Pomako sudah pasti akan masuk tahun depan. Kalau pasokan daya dari PLTMG Pomako sudah masuk ke sistem maka persoalan kelistrikan di Timika sudah aman. Sekarang kita masih mengandalkan pembangkit diesel dengan kapasitas 30 MW," jelas Hotman.


Baca juga: PLN Timika jamin pasokan listrik aman saat Natal-Tahun Baru
Baca juga: PLN Timika harapkan pembangunan PLTMG Paumako segera rampung
Baca juga: Pemkab Timika kelola Bandara Moses Kilangin dari Freeport

Baca juga: Bandara Timika layani kembali avtur Garuda-Merpati

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sampah di NTB jadi sumber energi pembangkit listrik PLN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar