MPR sambut baik Artidjo Alkostar jadi calon Dewas KPK

MPR sambut baik Artidjo Alkostar jadi calon Dewas KPK

Hakim Mahkamah Agung, Artidjo Alkostar. ANTARA /Widodo S Jusuf

... Artidjo adalah hakim yang lurus...
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR, Bambang Soesatyo, menyambut baik mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung, Artidjo Alkostar, yang diusulkan menjadi calon anggota Dewan Pengawas KPK.

"Semua sudah tahu bahwa Artidjo adalah hakim yang lurus. Kami harapkan juga sebagai Dewas KPK juga bersikap tegak lurus terhadap berbagai persoalan penegakan hukum di KPK terutama dalam pemberantasan korupsi," kata dia, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Ia menilai posisi parlemen saat ini mendukung apapun pilihan presiden terkait Dewas KPK karena merupakan pilihan terbaik yang sudah dipikirkan secara matang termasuk pilihan terhadap Artidjo.

Baca juga: WP KPK sambut baik Artidjo dan Albertina diusulkan jadi Dewas

Dia yakin dan percaya pilihan Presiden Joko Widodo untuk Dewas KPK pertama adalah pilihan yang terbaik yang bisa menyeimbangkan langkah-langkah hukum yang dijalankan komisioner dan penyidik di KPK.

"Saya yakin dan percaya pilihan-pilihan untuk pertama kali dipilih presiden untuk Dewas KPK saya yakin itu pilihan terbaik yang bisa menyeimbangkan langkah-langkah hukum yang dijalankan komisioner dan penyidik di KPK," ujarnya.

Baca juga: Artidjo: belum ada capres gereget berantas korupsi

Sebelumnya, Jokowi  menyebutkan sejumlah nama yang diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas KPK mulai dari Taufiequerachman Ruki hingga hakim Albertina Ho.

Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena khan hanya lima, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Rabu (18/12).

Baca juga: ICW: Sejak Hakim Artidjo pensiun narapidana korupsi berbondong ajukan PK

Lima orang anggota Dewas KPK rencananya akan dilantik bersama dengan lima orang komisioner KPK 2019-2023 pada 20 Desember 2019.

"Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," kata Jokowi sambil menambahkan nama Ketua KPK jilid 1, Taufiequerachman Ruki, juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas.

Ia memastikan bahwa orang-orang yang terpilih sebagai Dewan Pengawas adalah orang-orang yang baik.

Baca juga: KPK: Artidjo sosok hakim yang dipercaya masyarakat

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tim hukum PDIP beberkan tujuh temuan ke dewas KPK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar