Liga Italia

Taklukkan Sampdoria 2-1, Juve kembali puncaki klasemen Liga Italia

Taklukkan Sampdoria 2-1, Juve kembali puncaki klasemen Liga Italia

Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo (tengah) menanduk bola untuk menjadi gol penentu kemenangan dalam pertandingan Liga Italia melawan Sampdoria yang dimainkan di Stadion Luigi Feraris, Genoa, Rabu (18/12/2019). (ANTARA/AFP/MARCO BERTORELLO)

Jakarta (ANTARA) - Juventus kembali memuncaki klasemen Liga Italia setelah menaklukkan Sampdoria 2-1 dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Rabu setempat (Kamis dini hari WIB).

Tambahan tiga poin dari laga tersebut membawa Juve menyingkirkan Inter dari posisi teratas dengan 42 poin, di mana Nerazzurri baru akan bermain pada Minggu (22/12) dini hari. Sedangkan bagi Sampdoria, kekalahan itu membuat mereka kembali mendapat hasil buruk setelah memenangi Derby della Lanterna pada akhir pekan.

Juve membuka keunggulan berkat gol Paulo Dybala, sebelum Gianluca Caprari menyamakan kedudukan untuk Sampdoria. Gol penentu kemenangan Juve kemudian dibukukan oleh megabintang Cristiano Ronaldo menjelang babak pertama usai, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Kiper Juve Gianluigi Buffon mencatatkan rekor penting pada laga itu dengan menyamai rekor 647 penampilan milik Paolo Maldini di Liga Italia. Buffon bermain untuk menggantikan Wojciech Szczesny.

Baca juga: Lazio menang dramatis 2-1 atas Cagliari

Pasukan Maurizio Sarri mendominasi penguasaan bola, tetapi tuan rumah berbahaya saat melakukan serangan balik. Gaston Ramirez menyambar umpan silang Jeison Murillo melambung ke atas mistar gawang.

Namun Bianconerri memecah kebuntuan pada menit ke-19. Alex Sandro mengirim umpan silang dari kiri, Dybala berada di dalam kotak penalti, menunggu bola turun dan melepaskan sepakan voli yang sempat memantul ke tanah sebelum masuk ke gawang Sampdoria.

Memasuki menit ke-35, Sampdoria menyamakan kedudukan. Upaya Alex Sandro dalam menyapu bola justru jatuh ke penguasaan Caprari yang meneruskannya dengan sepakan melesak masuk ke gawang Buffon.

Juve merestorasi keunggulannya pada menit ke-44. Alex Sandro kembali terlibat dalam prosesnya ketika ia mengirimkan umpan silang dari kiri, bola kemudian disambar tandukan Ronaldo yang memenangi duel udara dengan Nicola Murru untuk kembali bersarang ke gawang Sampdoria.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Italia: ketat di puncak

Jakub Jankto menguji Buffon dengan sepakan voli jarak jauh, dan sepakan Morten Thorsby hanya mengenai jaring samping gawang. Juve juga memiliki peluang bagus untuk mencetak gol ketiganya saat Blaise Matuidi kurang sempurna mengantisipasi umpan silang Dybala.

Sepakan Ronaldo kemudian melambung ke atas gawang Emil Audeo, sedangkan Manolo Gabbiadini mengirimkan umpan silang yang tidak dapat diteruskan Gaston Ramirez.

Alex Sandro kemudian ditarik keluar lapangan karena terlihat cedera, dan belum tentu dapat dimainkan dalam pertandingan Piala Super Italia melawan Lazio di Riyadh pada Minggu.

Ronaldo kembali mengemas gol pada menit ke-89 saat ia menaklukkan Auderio yang bergerak maju untuk menutup ruang gerak, namun hakim garis telah mengangkat bendera pertanda offside.

Penderitaan Sampdoria bertambah ketika Caprari mendapatkan kartu kuning kedua, menjelang laga usai.

Baca juga: Sampdoria menangi Derby della Lanterna untuk akhiri rentetan kekalahan

Susunan pemain:

Sampdoria (3-5-2): Emil Audero, Jeison Murillo, Alex Ferrari, Omar Colley, Nicola Murru (Tommaso Augello 76'), Fabio Depaoli (Mehdi Leris 50'), Morten Thorsby, Jakub Jankto (Manolo Gabbiadini 61), Karol Linetty; Gaston Ramirez; Gianluca Caprari

Juventus (4-3-3): Gianluigi Buffon, Danilo, Merih Demiral, Leonardo Bonucci, Alex Sandro (Mattia De Sciglio 82'), Adrien Rabiot, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi, Dybala (Douglas Costa 77'), Ronaldo, Higuain (Ramsey 69')

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar