Liga Italia

Sampdoria menangi Derby della Lanterna untuk akhiri rentetan kekalahan

Sampdoria menangi Derby della Lanterna untuk akhiri rentetan kekalahan

Penyerang Sampdoria Manolo Gabbiandini (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Genoa dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Sabtu (15/12/2019). (twitter.com/sampdoria)

Jakarta (ANTARA) - Sampdoria memenangi Derby della Lanterna dengan skor tipis 1-0 atas Genoa, dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Luigi Ferraris, Genoa, Sabtu setempat (Minggu dini hari WIB).

Kemenangan itu sekaligus mendongkrak Sampdoria meninggalkan zona degradasi dan menghuni peringkat ke-16 dengan koleksi 15 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia. Sedangkan Genoa masih terpuruk di peringkat ke-19 dengan 11 poin.

Sampdoria mencoba bermain lebih agresif sejak awal. Gaston Ramirez meliuk-liuk melewati para pemain Genoa, sebelum Davide Biraschi memblok upaya Albin Ekdal di dalam kotak penalti.

Pertandingan kemudian berlangsung sengit. Saling tekel, pelanggaran-pelanggaran keras, dan tangan Cristian Romero sempat menghantam wajah Fabio Quagliarella, namun VAR tidak melakukan intervensi.

Peluang pertama Genoa didapat melalui Antonio Sanabria, tetapi sundulannya menyambut umpan silang Marko Pajac belum tepat sasaran.

Albin Ekdal harus ditarik keluar lapangan sebelum turun minum karena pergelangan kakinya terkilir. Tidak ada tembakan ke gawang pada babak pertama, namun terdapat 21 pelanggaran.

Jeison Murillo melakukan intersep akrobatik untuk menghentikan sambaran Sanabria terhadap umpan silang Paolo Ghiglione. Kemudian setelah tendangan sudut dari aksi tersebut, Sampdoria melakukan serangan balik yang berujung pada Ramirez diberi kartu kuning karena berpura-pura terjatuh.

Kiper Sampdoria Emil Audero menahan tendangan bebas Ivan Radonic yang mengarah ke sudut atas gawang pada menit ke-69, sedangkan sepakan melengkung Sanabria masih melambung di atas mistar gawang.

Baca juga: Claudio Ranieri segera gabung Sampdoria

Baca juga: Verona raih kemenangan kedua, Sampdoria makin terpuruk


Gol semata wayang pada laga ini tercipta pada menit ke-85. Operan Biraschi diintersep oleh Karol Linetty di area pertahanan Genoa. Ia kemudian menggulirkan bola kepada pemain pengganti Manolo Gabbiadini untuk diteruskan dengan tembakan kaki kiri menembus gawang tuan rumah.

Peluang terakhir milik Genoa adalah sepakan akrobatik Andrea Pinamonti yang gagal mengarah ke gawang. Blucerchiati pun mampu mempertahankan keunggulan sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain:

Genoa: Ionut Radu, Davide Biraschi, Cristian Romero, Domenico Criscito (Denilho Cleonise 88'), Paolo Ghiglione, Lasse Schone (Filip Jagiello 65'), Ivan Radovanovic, Francesco Cassata, Marko Pajac (Peter Ankersen 65'), Antonio Sanabria, Andrea Pinamonti

Sampdoria: Emil Audero, Morten Thorsby, Alex Ferrari, Omar Colley, Nicola Murru, Fabio Depaoli, Albin Ekdal (Jeison Murillo 45'), Ronaldo Vieira, Karol Linetty, Gaston Ramirez (Manolo Gabbiadini 75'), Fabio Quagliarella (Gianluca Caprari 75')

Baca juga: Sampdoria tinggalkan dasar klasemen setelah tundukkan SPAL

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar